Dieng Culture Festival Ditargetkan Jadi Destinasi Wisata Internasional

 Dieng Culture Festival Ditargetkan Jadi Destinasi Wisata Internasional

TARGET GO INTERNASIONAL : Wisatawan menyaksikan penjamasan anak berambut gimbal di Komplek Dharmasala Dieng pada DCF 2022. -Foto Darno/Radar Banyumas-

BANJARNEGARA – Dieng ditargetkan menjadi destinasi wisata internasional. Untuk mencapai predikat tersebut, harus memenuhi sejumlah syarat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Agung Yusianto mengatakan, tiga sampai lima tahun ke depan, Dieng bisa go internasional. Even DCF menjadi magnet untuk menarik wisatawan. 

Dikatakan, pada DCF 2022, ada 100 ribu wisatawan yang hadir. Sedangkan nilai transaksi dalam even ditaksir mencapai Rp 60 miliar. 

BACA JUGA:DCF 2022, Ramai-Ramai Minum Purwaceng sampai Berhasil Pecahkan Rekor Muri

Menurut dia, even budaya ini memberikan multiplier effect yang besar bagi perekonomian masyarakat. 

Dia menyebut, suatu destinasi disebut go internasional dilihat dari jumlah wisata asing dan penyebaran informasi. Tidak harus datang ke lokasi, namun bisa berupa respon di media sosial.

"Untuk bisa go internasional, akses harus mudah dijangkau, kelengkapan amenitas dan harus bisa membangun jaringan," katanya. 

BACA JUGA:DCF 2020, Potong Rambut Gimbal Disertai Permintaan HP, Kalung, Bahkan Buntil dan Bakso

Kemudahan akses ini sangat penting agar wisatawan lebih mudah menjangkau Dieng. Pemkab Banjarnegara berupaya memperlebar jalan menuju Dieng agar akses ke Dieng lebih mudah. 

Dikatakan, agar bisa go internasional tidak boleh mengecewakan wisatawan, terutama wisatawan asing. “Saya lihat wisatawan luar negeri sangat sensitif,” kata dia. 

BACA JUGA:DCF, Ada yang Minta Kentut Seplastik

Sehingga perlu dilakukan persiapan matang agar bisa menjadi destinasi wisata internasional. (drn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: