DCF 2022, Ramai-Ramai Minum Purwaceng sampai Berhasil Pecahkan Rekor Muri

DCF 2022, Ramai-Ramai Minum Purwaceng sampai Berhasil Pecahkan Rekor Muri

MINUM BARENG : Ribuan orang minum purwaceng dalam helatan Dieng Culture Festival (DCF) XIII Tahun 2022, Jumat (2/9).-Foto Darno/Radar Banyumas-

BANJARNEGARA – Ribuan gelas Purwaceng diminum bersama dalam helatan Dieng Culture Festival (DCF) XIII Tahun 2022, Jumat (2/9). Purwaceng merupakan minuman khas Dieng yang terbuat dari akar tanaman Purwaceng.  

Pelestari tanaman Purwaceng, Saroji mengatakan, Purwaceng merupakan tanaman khas Dieng. “Bagian tanaman yang diolah menjadi minuman yaitu akarnya untuk dibuat menjadi minuman. Bisa orisinal, dicampur kopi atau susu,” terangnya.

Purwaceng diyakini dapat meningkatkan kebugaran dan memberikan kehangatan, sehingga sangat cocok untuk diminum di daerah yang suhunya dingin.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto Rony Hartawan menjelaskan, minum ribuan gelas Purwaceng memecahkan rekor MURI. Pemecahan rekor sekaligus menandai semangat kebersamaan dalam mewujudkan Dieng, sebagai destinasi wisata yang inklusif dan mendukung implementasi green economy yang berkelanjutan.

“Total ada 1.516 gelas Purwaceng yang diminum bersama,” terangnya. 

Dikatakan, kegiatan minum Purwaceng bersama dilaksanakan setelah Aksi Dieng Lestari yaitu patroli kebersihan yang dilakukan di rute utama Dieng Culture Festival (DCF) XIII Tahun 2022. 

Patroli kebersihan diikuti oleh seluruh peserta secara sukarela, menggunakan peralatan kebersihan yang dibawa secara mandiri oleh masing-masing peserta. 

Selain menjadi wadah partisipasi aktif masyarakat dalam mewujudkan destinasi wisata yang bersih dan lestari, pada kesempatan ini juga dilaksanakan pembukaan DCF. (drn)

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: