Berikut Langkah-langkah Mengusulkan Diri Sebagai Penerima Bansos BLT BBM 2022, Cukup Menggunakan HP

Berikut Langkah-langkah Mengusulkan Diri Sebagai Penerima Bansos BLT BBM 2022, Cukup Menggunakan HP

Caption- Antrian kendaraan roda dua mengular di SPBU Sangkalputung Jalan Suparjo Rustam Sokaraja pasca pengumunan resmi kenaikan harga BBM oleh Pemerintah, Sabtu (3/9/2022). Ahmad Erwin/ Radarmas--

Radar Banyumas - Berikut Langkah-langkah Mengusulkan Diri Sebagai Penerima Bansos BLT BBM 2022. Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) RI telah menyediakan fitur pengusulan penerima bantuan sosial (Bansos) BLT BBM sebesar 600 ribu rupiah yang bisa diakses melalui perangkat genggam oleh masyarakat umum. 

Pengusulan penerima BLT BBM 2022 dapat dilakukan secara pribadi dengan mengakses aplikasi Cek Bansos Kemensos melalui perangkat genggam, yang saat ini hanya bisa diunduh di PlayStore. 

Penerima bansos BLT BBM akan mendapatkan dana sebesar 600 ribu Rupiah yang disalurkan dalam dua tahap, yaitu pada buln September dan bulan Desember 2022.

Daftar orang-orang yang menerima Bansos BBM ini ada dalam daftar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos RI, dimana data tersebut mengalami pembaruan tiap bulannya.

Disadur dari informasi resmi Kemensos, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk mengusulkan penerima bansos BLT BBM 2022

Berikut langkah-langkah mengusulkan diri sebagai penerima bansos BLT BBM 2022 : 

1. Unduh aplikasi Cek Bansos yang tersedia di PlayStore

2. Setelah mengunduh dan masuk ke aplikasi Cek Bansos, maka akan muncul halaman login. Buat akun baru dengan klik tombol “Buat Akun Baru”. 

3. Anda wajib mengisikan informasi sesuai data kependudukan dan mengunggah foto KTP. Pada proses ini data pribadi anda akan dipadankan dengan data Dukcapil. 

4. Setelah selesai mengisi data diri dan mengunggah foto KTP, kode OTP akan secara otomatis dikirimkan melalui alamat e-mail. 

5. Login ke aplikasi Cek Bansos dengan akun yang telah terdaftar, lalu pilih menu ‘Daftar Usulan’. 

6. Isikan data kependudukan dari orang yang diusulkan, karena data akan dipadankan dan diverifikasi oleh verifikator. 

7. Saat mengusulkan penerima bansos BLT, Anda juga diwajibkan untuk melampirkan swafoto KTP dan foto kondisi rumah. 

8. Setelah itu, klik “Tambah Usulan” dan pengusulan penerima BLT maka proses pengusulan penerima BLT BBM 2022 telah selesai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: