Program BRI Menanam Wujudkan Prinsip ESG dan Jadi Penggerak Ekonomi Lokal

Program BRI Menanam Wujudkan Prinsip ESG dan Jadi Penggerak Ekonomi Lokal

Foto bersama jajaran BRI Kantor Cabang Ajibarang bersama Forkompimcam Cilongok dan Perwakilan penerima bibit pohon untuk program BRI Menanam, Sabtu 3 September 2022.-JULIUS/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID  - Sebagai wujud penerapan prinsip ESG (Environment, Social and Governance) dengan penanaman 1,75 juta pohon Bank Rakyat Indonesia (BRI) Seluruh Indonesia melaksanakan program BRI Menanan yang pelaksanaannya dilakukan di beberapa Kantor Cabang serta Unit dan di desa yang terpilih menjadi desa Brilian.

Program tersebut akan dilakukan bertahap yakni  750 ribu bibit ditanam di tahun 2022 dan sekitar 1 juta bibit lagi ditanam di tahun 2023.

BRI Kantor Cabang Ajibarang sendiri menyalurkan 2,900 bibit dengan perincian 1.400 bibit untuk 7 desa Brilian sebanyak 200 bibit per desa dan 1.500 bibit untuk nasabah KUR BRI Unit yang pelaksanaannya dimulai dari Desa Panembangan Kecamatan Cilongok, Sabtu 3 September 2022.

Pemimpin Cabang BRI Cabang Ajibarang Selamat Riadi mengatakan, program tersebut diharapkan menjadi program penggerak ekonomi lokal sebagai wujud kolaborasi antara BRI dengan entitas masyarakat untuk menerapkan aspek-aspek ekonomi, sosial dan lingkungan.

"Intinya semoga menjadi penggerak ekonomi lokal, dimana pelaksanaannya dimulai pada peringatan HUT RI ke-77 kemarin," Jelas Selamat Riadi.

Sasarannya untuk 7 desa Brilian terpilih yaitu desa Panembangan, Sudimara, Karangtengah Kecamatan Cilongok kemudian desa Semedo Kecamatan Pekuncen, desa Cihonje Kecamatan Gumelar dan desa Cikakak, Jambu Kecamatan Wanhon.

"200 bibit per desa, kemudian 1.500 bibit untuk nasabah KUR," tambah Selamat Riadi.

Khusus gerakan BRI Menanam yang dilaksanakan di Desa Brilian, BRI melibatkan seluruh stakeholders desa dan nasabah BRI. Dengan memanfaatkan lahan umum desa seperti sempadan sungai dan bahu jalan sampai dengan pekarangan halaman rumah nasabah menjadi lokasi tanam bibit tanaman produktif.

"Jenis bibit yang ditanam di masing – masing desa sudah sesuai dengan aspirasi masyarakat dan juga menyesuaikan jenis lahan. Sehingga bibit yang ditanam tidak hanya bermanfaat untuk lingkungan tetapi juga mampu mewujudkan kemandirian pangan, bahkan diharapkan dapat menjadi salah satu produk unggulan desa," Ujar Selamat Riadi lebih lanjut.

Pada kesempatan tersebut Selamat Riadi selaku Pinca BRI Ajibarang mengucapkan selamat kepada Desa Panembangan yang telah terpilih menjadi desa "Terbaik Program New Desa Brilian Batch 1 tahun 2022". Bersama 6 desa yang lain diwilayah Kanwil BRI Yogyakarta atau 40 desa terbaik di seluruh Indonesia dengan hadiah sebesar Rp.10 juta yang telah ditransfer ke rekening.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: