Desa Pekunden di Banyumas Maju ke Provinsi dalam Lomba Desa Wisata

Desa Pekunden di Banyumas Maju ke Provinsi dalam Lomba Desa Wisata

Kendaraan melintasi Tugu Selamat Datang di Desa Wisata Pekunden, Senin, 22 Agustus. -Fijri Rahmawati Radar Banyumas-

BANYUMAS-Desa Wisata Pekunden Kecamatan Banyumas terpilih untuk mewakili Kabupaten Banyumas ke provinsi. Terdapat 36 kabupaten/kota pada lomba Desa Wisata tingkat provinsi.

Ketua 1 Pokdarwis Desa Pekunden Winarko menjelaskan persiapan maju ke provinsi sampai saat ini sudah kisaran 70 persen. Ada lima kategori yang diikuti yaitu atraksi budaya, kesekretariatan, home stay, pokja dan kebersihan.

"Awalnya, jujur beban. Tapi, dengan adanya dukungan yang luar biasa dari dinas dan masyarakat serta semua pihak. Bismillah, bisa," ujar Winarko, Senin (22/8).

Pekunden merupakan desa wisata yang terbilang baru. Sebab, diresmikan pada Desember 2021. Namun demikian, tetap optimis mengikuti ajang tingkat provinsi.

Winarko menjelaskan Pekunden mengusung wisata edukasi kreatif. Destinasi wisata tidak hanya terpusat di satu titik. Melainkan tersebar di beberapa lokasi.

Didukung oleh lima orang pemandu wisata yang telah mengantongi sertifikat nasional. Terdapat 20 rumah terdaftar sebagai home stay. Sebanyak 30 sepeda ontel dan 15 becak khusus untuk transportasi wisata.

"Ternyata masih banyak sekali yang harus dilengkapi sebagai desa wisata. Sisi lainnya, dengan adanya lomba sekaligus Pekunden berbenah," imbuh Winarko.

Pada kriteria atraksi budaya, tim sedang menggodog atraksi original yang menceritakan awal berdiri Desa Pekunden sampai sekarang ini. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: