Jalan Tol Cilacap - Yogyakarta Masuk Tahap AMDAL, Terkoneksi Tol Gedebage Bandung - Tasikmalaya

Jalan Tol Cilacap - Yogyakarta Masuk Tahap AMDAL, Terkoneksi Tol Gedebage Bandung - Tasikmalaya

Konsultasi publik Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) rencana pembangunan ruas jalan tol Cilacap Yogyakarta, Kamis (18/8) di Pendopo Kecamatan Sumpiuh. -Foto Kecamatan Sumpiuh untuk Radar Banyumas-

SUMPIUH-Rencana pembangunan ruas jalan tol Cilacap Yogyakarta memasuki tahap Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL).

Camat Sumpiuh Ahmad Suryanto menyampaikan konsultasi publik terkait AMDAL sudah diselenggarakan pada Kamis, 18 Agustus lalu di Pendopo Kecamatan Sumpiuh.

Konsultasi publik dihadiri oleh perwakilan warga terdampak di tiga wilayah kecamatan, Tambak, Sumpiuh dan Kemranjen. Juga Forkompimcam dari tiga kecamatan.

"Sosialisasi ke warga tentang AMDAL bahwa pembangunan jalan tol berdampak ke sosial, ekonomi dan lainnya," jelas Ahmad, Minggu (21/8).

Tim AMDAL selanjutnya ke lokasi bakal dibangun jalan tol. Sehingga, masyarakat tidak kaget ketika kedatangan tim. Karena telah disosialisasikan melalui konsultasi publik.

"Dalam konsultasi publik kemarin, warga kebanyakan masih bertanya soal titik yang dilintasi jalan tol," ujar Ahmad.

Konsultasi publik Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) rencana pembangunan ruas jalan tol Cilacap Yogyakarta oleh Direktorat Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Jalan tol akan menjadi sistem jaringan pertumbuhan ekonomi. Jalan tol sekaligus sebagai penghubung wilayah Jawa bagian selatan.

Pembangunan jalan tol berperan menghubungkan Cilacap-Yogyakarta. Jalan tol terkoneksi langsung dengan tol Gedebage, Tasikmalaya-Cilacap.

"Tahap AMDAL memungkinkan sekali adanya perubahan trase yang telah direncanakan. Nanti akan diketahui mana yang bisa dilintasi, mana yang tidak sehingga harus digeser," jelas Ahmad. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: