Waspada! Gelombang Tinggi di Cilacap

Waspada! Gelombang Tinggi di Cilacap

Kondisi gelombang di perairan Cilacap-RAYKA/RADARMAS-

RADARBANYUMAS, CILACAP - Sejumlah wilayah perairan Indonesia masih berpotensi mengalami gelombang setinggi 6 meter pada 9-10 Agustus 2022. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk waspada akan peluang gelombang sangat tinggi hingga 6 meter.

Prakirawan Cuaca BMKG Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Rendi Krisnawan mengatakan, terdapat pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari barat daya-barat laut dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.

BACA JUGA:Selain Menjual Istri, Pelaku

Sementara itu, pola angin wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

Adapun kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, serta perairan barat Lampung-selatan Banten, Samudra Hindia Selatan Banten, Laut Banda, dan Laut Arafuru.

Beberapa wilayah yang berpotensi diantaranya perairan selatan DIY diperkirakan mencapai 4-6 meter atau masuk kategori gelombang sangat tinggi.

BACA JUGA:Motif Pembunuhan ART di Cilacap Berlatar Sakit Hati

Selain Samudera Hindia Selatan DIY, gelombang tinggi juga diprediksi terjadi di Cilacap, Kebumen, dan Purworejo.

Pihaknya pun mengimbau para pelaku pelayaran dan juga masyarakat pesisir untuk memperhatikan peringatan tersebut.

BACA JUGA:Masih Kurang Penerangan, Jalan Bung Karno Tetap Akan Diberlakukan 2 Arah Mulai Kamis

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," ujar Rendi. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: