Rencana Detail Tata Ruang Sokaraja dan Banyumas Belum Turun

Rencana Detail Tata Ruang Sokaraja dan Banyumas Belum Turun

Jalanan wilayah Kecamatan Sokaraja ramai pengendara di malam hari beberapa waktu lalu.-Foto Dimas Prabowo/Radar Banyumas -

PURWOKERTO - Pemkab Banyumas tengah mengusulkan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Sokaraja dan Banyumas. Hingga kini, RDTR dua Kecamatan ini masih belum juga turun dari Kementrian. 

Kasi Pemanfaatan Ruang pada Bidang Penataan Ruang Dinperkim, Muhammad Abdullah Tsani mengatakan saat ini kedua RDTR tersebut masih dalam proses konsultasi dan evaluasi di Dirjen Penataam Ruang Kementerian ATR/ BPN.

"Untuk RDTR Sokaraja kita dapat Fasilitasi Persub dari Kementrian ATR/ BPN targetnya Pembahasan Lintas Sektor tahun ini," kata dia.

Namun, lanjut dia, saat ini masih terkendala belum selesainya permasalahan Lahan Sawah Dilindungi (LSD) yang ada di Perkotaan.

"Hal yang sama dengan RDTR Banyumas, namun programnya belum Fasub, tapi Bimbingan Teknis untuk penyiapan dokumen sampai dengan pembahasan lintas sektor di Kementerian," tuturnya.

Dia katakan, kendalanya sama, yaitu masih belum clear terkait penyelesaian LSD di Ditjen Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: