Dinperkim Banyumas Pasang 3.433 Tangki Septik Tahun Ini

Dinperkim Banyumas Pasang 3.433 Tangki Septik Tahun Ini

TANGKI SEPTIK. Salah satu tangki septik yang sudah terpasang.-DINPERKIM UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID  - Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dinperkim) Kabupaten Banyumas, tahun ini memasang 3.433 tangki septik. Upaya tersebut menjadi salah satu komitmen untuk terus meningkatkan capaian sanitasi Kabupaten Banyumas, yang saat ini sudah mencapai 92 persen masuk kategori layak. 

"Tahun ini anggarannya Rp 25 miliar bersumber dari APBN dan DAK," kata Kabid Penyehatan Lingkungan Dinperkim Kabupaten Banyumas Slamet Waluyo. 

Ia menuturkan, untuk tahun depan ditargetkan capaian sanitasi bisa naik sebanyak dua persen. Angka tersebut ia jelaskan, menyesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah. 

BACA JUGA:Pengakuan Perampok Bersenpi yang Beraksi di Banyumas, Ngaku Beli Senjata dari Bekasi

"Tahun depan kita target 94 persen. Setiap tahun targetnya 2 persen," ucapnya. 

Untuk jumlah tangki septik yang dipasang tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Tahun 2022 pihaknya memasang 2.232 tangki septik, dengan alokasi Rp 16 miliar. 

"Target setiap tahun rata-rata kita pasang 1.500 tangki septik," ucapnya. 

BACA JUGA:5 Pelaku Komplotan Perampok Bersenpi di Gudang Ekspedisi Banyumas Ditangkap

Masyarakat yang belum mempunyai sanitasi yang memadai menjadi sasaran utama. Untuk itu  masyarakat berpenghasilan rendah jadi prioritas untuk program pemasangan tangki septik ini. 

"Jadi kita berikan tangki septik, penerima manfaat hanya perlu menyediakan lahan untuk dibangunkan tangki septik," jelasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: