Kisah Dibalik Raihan Award Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas, Siap Bertugas Kala yang Lain Terlelap

Kisah Dibalik Raihan Award Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas, Siap Bertugas Kala yang Lain Terlelap

Ketua Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas Adi Chandra Masa Bhakti 2021-2026-Foto Dok Radar -

Membantu evakuasi korban banjir Sumpiuh dan Tambak, 19 Maret 2022 lalu jadi pengalaman yang tak terlupakan. Hampir semalaman suntuk evakuasi dilakukan.

"Saat itu malam, hujan deras, ditambah jalan menuju ke tempat evakuasi ke Kecamatan Sumpiuh ada kebakaran hebat dan situasi mati listrik," paparnya.

Dengan alat evakuasi yang terbatas, menjadikan proses evakuasi semakin sulit. Medan menuju lokasi evakuasi juga tidak mudah, karena tertutupi genangan air.

"Kendaraan masuk ke atas tanggul juga harus masuk ke air setinggi paha, yang notabene harus bisa dengan feeling karena jalan semua tergenang air, sama persis dengan sawah, sehingga driver  harus hati - hati agar tidak sampai terperosok masuk sawah. Karena ngga tau mana jalan dan mana sawah," terangnya.

Menurutnya, Pramuka Peduli merupakan representasi nyata dari semua teori soal Pramuka.

"Semua ada di Pramuka Peduli secara nyata bukan hanya sekedar teoritis belaka. Karena di Pramuka Peduli tidak hanya melulu mengenai Kebencanaan tapi juga konsen pada kegiatan kemanusiaan, sosial dan lingkungan hidup serta kegiatan Bakti lainnya. Peran dan kiprah Pramuka Peduli inilah yang merupakan wujud nyata Pramuka dalam mendarmabaktikan dirinya di tengah - tengah masyarakat sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Darma," pungkasnya. (*/ttg)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: