PIB LPPM Unsoed Dampingi Peningkatan Kapasitas Startup dalam Demo Day

PIB LPPM Unsoed Dampingi Peningkatan Kapasitas Startup dalam Demo Day

Peserta Demo Day dari startup se-Barlingmascakeb beserta tim PIB LPPM Unsoed dan para pemndamping.-Laily Media Yuliana/Radar Banyumas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO,ID - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Jenderal Soedirman (LPPM Unsoed), memberikan wadah bagi startup khususnya di wilayah Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, dan Cilacap (Barlingmascakeb). Pusat Inkubator Bisnis (PIB) LPPM Unsoed mendampingi untuk meningkatkan kapasitas startup, dalam kegiatan Demo Day, Rabu sampai Jumat (9-11/10/2024) di Aston Purwokerto. 

Ketua Pusat Inkubator Bisnis (PIB) LPPM Unsoed, Nurwijayanti (Yanti) mengatakan, ada 21 tenant startup terpilih yang mengikuti kegiatan ini. Para tenant tersebut dipilih melalui seleksi dan rangkaian kegiatan, yang merupakan bidang Aquaculture, Agriculture, dan Green Business, yang ketiga bidang tersebut berbasis teknologi. 

"Kita dari awal April 2024 sudah mulai seleksi dan terpilih 21 tenant, melalui dua batch," katanya, Kamis (10/10/2024). 

Kemudian dilakukan bootcamp dengan memberikan materi dan pendampingan untuk pengembangan usaha, dan supaya produk yang dijual lebih baik. Lalu dilanjutkan coaching. Dan terakhir berupa kegiatan Demo Day. 

"Demo Day ini menjadi wadah bagi startup untuk mendapatkan dukungan, bimbingan, serta kesempatan networking dengan berbagai pelaku bisnis dan pemerintah," ujar Yanti. 

Adapun dalam kegiatan Demo Day ini, para startup mempresentasikan pada investor dan buyer, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. 

Yanti menyampaikan, pihaknya membantu mengarahkan tenant pada eksportir agar produknya bisa diekspor atau ikut dipasarkan di luar negeri. 

"Kita juga punya banyak program lainnya yang bisa diikutsertakan untuk memperluas pasar dan pengembangan usaha," paparnya. 

Dia menambahkan, 21 tenant yang terpilih ada yang sudah lama dan baru dalam menjalankan bisnisnya. Dan dari seleksi sampai Demo Day, merupakan salah satu proses inkubasi dari kegiatan PIB LPPM Unsoed. Dan proses seleksi dipilih dari produk yang sesuai bidang dan memiliki potensi ekspor. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: