KA Logawa Hadirkan Rangkaian Baru Stainless Steel New Generation, Nyaman dan Modern

KA Logawa Hadirkan Rangkaian Baru Stainless Steel New Generation, Nyaman dan Modern

Rangkaian baru kereta Logawa, diluncurkan pada Rabu pagi (18/9/2024).-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - PT KAI Daop 5 PURWOKERTO resmi melakukan inovasi besar dengan menghadirkan rangkaian baru pada KA Logawa relasi PURWOKERTO-Jember PP mulai (18/9/2024).

Rangkaian baru ini menggunakan kereta Stainless Steel New Generation yang terdiri dari delapan kereta ekonomi New Generation (K3 NG), satu kereta makan, dan satu kereta pembangkit. Kapasitas totalnya mencapai 576 tempat duduk dengan formasi 2-2 di setiap kereta.

Gun Gun Nugraha, Vice President KAI Daop 5 Purwokerto, mengungkapkan bahwa KA Logawa kini telah dilengkapi dengan berbagai teknologi terbaru. 

“Seat atau tempat duduk yang digunakan pada KA Logawa Stainless Steel New Generation sudah dilengkapi dengan teknologi reclining sehingga penumpang bisa mengatur sudut kemiringan kursi sesuai kebutuhan. Selain itu, leg room-nya menjadi lebih luas, arah hadap kursi juga dapat disesuaikan dengan arah laju KA," ujar Gun Gun dalam keterangannya pada Rabu (18/9/2024).

BACA JUGA:Ratusan Sopir Angkot Purbalingga Dukung Penuh Pasangan Fahmi-Dimas

Selain kenyamanan kursi, rangkaian baru ini juga menawarkan sejumlah fitur modern seperti pintu geser elektrik, informasi perjalanan KA digital di setiap kereta, serta tombol pintu otomatis. 

"Kami juga menyediakan fasilitas musala, kereta makan, serta toilet yang dilengkapi dengan meja ganti popok bayi," tambah Gun Gun.

KA Logawa Stainless Steel New Generation ini melayani rute Purwokerto-Jember setiap hari dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Purwokerto pukul 05.30 WIB dan tiba di Jember pada pukul 18.35 WIB. 

Kereta ini berhenti di sejumlah stasiun besar seperti Stasiun Kroya, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Madiun, hingga Stasiun Surabaya Gubeng. Gun Gun juga memaparkan kinerja KA Logawa dalam dua tahun terakhir yang menunjukkan tren positif. 

BACA JUGA:Parpol di Purbalingga Sepakat Deklarasi Zero Knalpot Brong Saat Kampanye Pilkada

“Pada tahun 2022, kelas bisnis membawa 61.541 pelanggan, meningkat menjadi 97.034 pelanggan di tahun 2023. Sementara untuk tahun 2024, hingga akhir rangkaian kelas bisnis dijalankan, tercatat sebanyak 69.997 pelanggan telah memanfaatkannya," jelasnya. 

Adapun untuk kelas ekonomi, angka pelanggan juga terus meningkat, dari 140.042 pelanggan pada tahun 2022 menjadi 224.896 pada 2023, dan hingga September 2024, telah mencapai 176.486 pelanggan.

Untuk tarif, Gun Gun menjelaskan bahwa harga tiket KA Logawa Stainless Steel New Generation dimulai dari Rp290 ribu pada hari kerja, dan Rp320 ribu pada akhir pekan atau hari libur nasional. Pemesanan tiket bisa dilakukan hingga 45 hari sebelum keberangkatan melalui berbagai platform resmi KAI.

Dengan hadirnya KA Logawa Stainless Steel New Generation ini, PT KAI Daop 5 Purwokerto terus menunjukkan komitmennya untuk meningkatkan kualitas layanan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: