Harga Komoditas Cabai di Pasar Tradisional di Kabupaten Cilacap Merangkak Naik

Harga Komoditas Cabai di Pasar Tradisional di Kabupaten Cilacap Merangkak Naik

Ilustrasi pedagang di Pasar Kroya sedang melayani pembeli. -RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Harga cabai mulai merangkak naik pada pertengahan September 2024 ini. Hal ini terjadi di pasar tradisional Kabupaten CILACAP. Salah satu penyebabnya karena pasokan komoditas tersebut berkurang di pasaran.

Bowo, pedagang cabai di Pasar Tradional Kroya mengungkapkan, harga cabai mulai naik pada awal pekan ini. Pedagang tidak berani membeli dalam jumlah banyak karena konsumen mengurangi pembelian dan komoditas cabai mudah busuk.

"Cabai khususnya cabai rawit tidak bisa disimpan lama, kalau tidak laku maka pedagang akan merugi banyak, jadi kami jual dengan jumlah yang tidak banyak juga," katanya.

Harga cabai rawit di sejumlah Pasar Tradisional Cilacap pada Selasa (17/9/2024) ini, menjadi Rp 34 ribu - Rp 35 ribu per kilogram dan harga cabai merah besar juga mengalami kenaikan yakni berkisar Rp 20 ribu - Rp 22 ribu per kilogram. 

BACA JUGA:Puluhan Pengusaha Kapal di Cilacap Keluhkan Rekomendasi BBM Bersubsidi dan Biaya Administrasi Lelang

BACA JUGA:Pj Bupati Cilacap Dorong Partisipasi Masyarakat untuk Hadir ke TPS

Padahal sepekan lalu harga cabai rawit di pasaran berkisar Rp 24 ribu - Rp 26 ribu per kilogram, sementara harga cabai merah besar  Rp 17 ribu - Rp 18 ribu per kilogram. 

Menurut Bowo, mulai berakhirnya masa panen cabai menjadi penyebab kenaikan harga cabai di pasaran. 

"Panennya sudah mulai selesai, jadi ketersediaan atau suplai ke pasar sudah mulai berkurang," kata dia. 

Namun demikian, menurutnya, harga bahan pokok masih cenderung stabil. Untuk harga bawang merah saat ini dibandrol dengan harga Rp 23 ribu per kilogram, bawang putih jenis apel Rp 35 ribu per kilogram sedangkan bawang putih jenis kating Rp 40 ribu per kilogram. 

Kemudian harga daging ayam ras Rp 33 ribu per kilogram, telur ayam ras dibandrol dengan harga Rp 25 ribu per kilo, harga gula pasir Rp 17 ribu per kilogram, beras IR64 premium Rp 14 ribu per kilogram, beras IR64 medium berkisar diharga Rp 13 ribu per kilogram. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: