Sejumlah Event Besar Dongkrak Tingkat Hunian Hotel di Cilacap

Sejumlah Event Besar Dongkrak Tingkat Hunian Hotel di Cilacap

Ilustrasi salah satu hotel berbintang di Cilacap berada di Jalan S Parman.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID  - Tingkat hunian hotel di Kabupaten Cilacap meningkat. Hal ini dipengaruhi adanya sejumlah event besar yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap pada Juli 2024 lalu. 

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Cilacap, Isnaini mengatakan, tingkat hunian hotel sejak bulan Juli 2024 tercatat sebesar 45,66 persen atau naik 7,12 persen dibandingkan Juni 2024. 

"Aktivitas sejumlah event besar, seperti Hiu Selatan, Expo, dan lainnya pada Juli 2024 lalu  menumbuhkan permintaan yang tinggi terhadap lini sektor perhotelan dan kuliner," ujar Isnaini.

Dijelaskan Isnaini, tingkat hunian hotel pada Juli 2024 juga lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2023 lalu, yakni mengalami peningkatan 6,87 persen.

BACA JUGA:Hingga Agustus 2024, Terjadi 79 Kejadian Kebakaran di Cilacap dengan Total Kerugian Capai Rp 11 Miliar

BACA JUGA:Desa Karangbenda Mulai Terdampak Kekeringan, Total BPBD Salurkan 730 Ribu Liter Air Bersih

"Selama ini, Kabupaten Cilacap memang kekurangan event. Kami berharap ada event skala nasional maupun internasional lainnya bisa terus diselenggarakan tiap tahun sehingga dapat meningkatkan perekonomian," ujar Isnaini.

Isnaini optimistis bahwa Kabupaten Cilacap sebenarnya sangat memiliki potensi untuk menggelar event berkelas internasional.

Untuk itu, pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Cilacap untuk mendukung tingkat perekonomian di Kabupaten Cilacap.

Sementara itu Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Cilacap, Amin Suwito mengatakan, saat ini,  jumlah hotel dan restoran di Cilacap yang bergabung dengan PHRI berjumlah berjumlah 50.

Pihaknya mendorong dunia perhotelan dan restoran di Cilacap untuk terus melakukan langkah sinergi bersama pemerintah daerah.

"Kita sering melakukan pertemuan rapat dan mencoba berkolaborasi untuk memajukan pariwisata dan hotelier. Dan semoga event besar di Kabupaten Cilacap bisa terus diadakan," katanya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: