Ciptakan Suasana Aman dan Nyaman, Lima Ribu Lebih Personel Gabungan Disiapkan Untuk Pilkada Serentak 2024

Ciptakan Suasana Aman dan Nyaman, Lima Ribu Lebih Personel Gabungan Disiapkan Untuk Pilkada Serentak 2024

Kapolresta Banyumas bersama Pj Bupati dan Dandim 0701 Banyumas melakukan pengecekan pasukan dan perlengkapan, Jumat (23/8/2024).-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah serta Bupati dan Wakil Bupati Banyumas yang akan berlangsung pada 27 November mendatang, Polresta Banyumas bersama Pemerintah Kabupaten Banyumas mengadakan apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja Candi 2024/2025 di Alun-alun PURWOKERTO, Jumat pagi (23/8/2024). 

Kegiatan ini ditujukan untuk memastikan kesiapan personel serta sarana dan prasarana yang akan digunakan dalam Pilkada 2024.

Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Ari Wibowo, menjelaskan bahwa apel ini merupakan bentuk pemeriksaan terakhir terhadap kesiapan personel yang akan dilibatkan dalam pengamanan Pilkada 2024. 

BACA JUGA:Jelang Pilkada Serentak, Polisi Deteksi Ada Dua TPS Rawan di Purbalingga

"Personel keamanan yang terlibat nantinya berjumlah kurang lebih 1.708 personel, yang terdiri dari 995 personel Polri, 400 personel TNI, 220 personel Satpol PP, 53 personel Dishub, 40 personel BPBD, serta didukung oleh BKO Brimob Nusantara dan BKO Samapta Nusantara," ungkapnya.

Lebih lanjut, Kapolresta juga menyebutkan bahwa jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Banyumas mencapai sekitar 1,3 juta pemilih dengan total 2.650 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dari jumlah tersebut, 2.646 adalah TPS reguler, sementara 4 lainnya merupakan TPS khusus yang terdiri dari 1 panti jompo dan 3 rumah tahanan (rutan). 

"Pola pengamanan untuk TPS reguler melibatkan 2 personel Polri, 7 TPS, dan 14 Linmas, sedangkan untuk TPS khusus melibatkan 2 personel Polri, 1 TPS, dan 4 Linmas," jelasnya.

BACA JUGA:PDIP Resmi Tetapkan Rekomendasi ke Tiwi-Hendra

Dalam rangka memastikan kelancaran pengamanan, Kapolresta menyatakan telah dilakukan rapat koordinasi lintas sektoral untuk menyamakan persepsi, langkah, dan cara bertindak di setiap tahapan Pilkada. 

"Pengamanan TPS akan melibatkan 750 personel Polri dan 5.000 personel Linmas," tambahnya.

Usai acara, Penjabat (PJ) Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro, memberikan ucapan selamat bertugas kepada seluruh personel yang tergabung dalam Operasi Mantap Praja Candi 2024. 

BACA JUGA:Politik di Tingkat Pusat Tak Menimbulkan Gejolak Masyarakat di Purbalingga

"Bersama, kita pasti bisa mewujudkan pesta demokrasi yang aman dan damai untuk masyarakat Banyumas," ucap Hanung.

Kapolresta Banyumas juga menegaskan bahwa keamanan dan kebebasan menyampaikan pendapat dijamin oleh undang-undang, sehingga negara hadir dalam setiap kegiatan masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: