Waspada! 7 Penyebab Tangki Motor Matic Anda Berkarat

Waspada! 7 Penyebab Tangki Motor Matic Anda Berkarat

Waspada! 7 Penyebab Tangki Motor Matic Anda Berkarat-google-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Penyebab tangki motor matic Anda berkarat, merupakan hal penting yang perlu diketahui agar Anda bisa mencegah kerusakan lebih lanjut dan menjaga performa motor tetap optimal.

Tangki bahan bakar yang berkarat bisa menjadi masalah serius bagi motor matic Anda. Korosi pada tangki tidak hanya mengurangi estetika motor, tetapi juga dapat menyebabkan masalah mekanis yang signifikan.



Berikut adalah tujuh penyebab tangki motor matic Anda berkarat, dan bagaimana cara mencegahnya.

1. Kondensasi dalam Tangki

Kondensasi terjadi ketika suhu berubah drastis, terutama saat motor diparkir di area yang dingin setelah digunakan. Uap air yang terbentuk di dalam tangki akan mengendap, dan menyebabkan korosi seiring waktu.

BACA JUGA:Waspada! 7 Penyebab Motor Matic Sering Blong di Turunan Panjang

BACA JUGA:Harus Tau! Penyebab Akselerasi Motor Matic Menjadi Berkurang

Kondensasi ini lebih sering terjadi jika tangki tidak terisi penuh. Saat tangki bahan bakar hampir kosong, ada lebih banyak ruang bagi uap air untuk terbentuk dan mengendap di dinding tangki.

Kondisi ini diperburuk dengan perubahan suhu yang ekstrem antara siang dan malam. Mengisi tangki hingga penuh atau setidaknya setengah penuh dapat mengurangi ruang kosong, sehingga meminimalkan peluang kondensasi.

Selain itu, menyimpan motor di tempat yang memiliki suhu stabil dan terlindungi dari perubahan suhu yang ekstrem, juga sangat membantu.

Garasi atau ruang tertutup lainnya yang tidak mengalami fluktuasi suhu yang signifikan, adalah tempat penyimpanan ideal untuk mencegah kondensasi. Jika memungkinkan, gunakan penutup motor untuk membantu menjaga suhu tetap stabil.

2. Kualitas Bahan Bakar yang Buruk

Bahan bakar berkualitas rendah sering mengandung air dan kotoran. Air dalam bahan bakar dapat menyebabkan karat pada tangki dan komponen mesin lainnya.

BACA JUGA:Keren Banget! Deretan Motor Matic yang Dilengkapi Teknologi Canggih

BACA JUGA:Yuk Simak! Rekomendasi Motor Matic yang Nyaman untuk Berboncengan

Kontaminan seperti air dapat masuk ke dalam bahan bakar selama proses distribusi atau penyimpanan, terutama di pompa bensin dengan standar pemeliharaan yang buruk.

Menggunakan bahan bakar berkualitas tinggi dari pompa bensin terpercaya, dapat mengurangi risiko ini. Selain itu menambahkan aditif bahan bakar yang dirancang untuk mengikat air, dapat membantu menjaga kebersihan tangki.

Aditif ini bekerja dengan cara mengikat molekul air dalam bahan bakar, sehingga air tidak terpisah dan menyebabkan karat.

Penting juga untuk memilih pompa bensin yang menjaga kebersihan tangki penyimpanan mereka, sehingga bahan bakar yang Anda beli bebas dari kontaminan.

3. Penggunaan Tangki Berbahan Metal yang Tidak Tahan Karat

Beberapa motor matic dilengkapi dengan tangki bahan bakar yang terbuat dari logam yang tidak dilapisi, atau memiliki perlindungan anti-karat yang buruk.

BACA JUGA:Keren! Inilah 3 Motor Matic Murah dengan CC yang Tinggi

BACA JUGA:Walau Second Tapi Tetap Menarik ! Inilah Spesifikasi dan Fitur Unggulan Motor Matic Yamaha Aerox

Tangki semacam ini lebih rentan terhadap korosi, karena logam dapat bereaksi dengan air dan oksigen di udara, menyebabkan karat. Penggunaan tangki berbahan plastik atau logam yang dilapisi bahan anti-karat, bisa menjadi solusi jangka panjang untuk masalah ini.

Bagi pengguna yang memiliki tangki logam, melapisi bagian dalam tangki dengan pelapis khusus anti-karat dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap korosi.

Pelapis ini bekerja dengan cara membentuk lapisan pelindung, antara logam dan elemen yang dapat menyebabkan karat, seperti air dan oksigen.

Pelapis ini biasanya diaplikasikan oleh profesional dan dapat bertahan selama bertahun-tahun, memberikan perlindungan jangka panjang untuk tangki bahan bakar Anda.

4. Tidak Menggunakan Motor dalam Waktu Lama

Motor yang dibiarkan tidak digunakan dalam waktu lama, cenderung mengalami penumpukan uap air dan kotoran dalam tangki. Ketika bahan bakar dibiarkan mengendap, ia dapat terurai dan menghasilkan asam yang merusak logam.

BACA JUGA:Walau Second Tapi Tetap Menarik ! Inilah Spesifikasi dan Fitur Unggulan Motor Matic Yamaha Aerox

BACA JUGA:Rekomendasi Cat Semprot Terbaik untuk Velg Motor Matic

Bahan bakar yang tidak digunakan dalam waktu lama akan mengalami proses degradasi, di mana komponen-komponen dalam bahan bakar terurai menjadi senyawa-senyawa, yang dapat menyebabkan korosi.

Pastikan untuk menghidupkan motor secara berkala, dan memeriksa kondisi tangki jika motor tidak akan digunakan dalam waktu lama. Selain itu, mengisi tangki penuh sebelum menyimpan motor dalam waktu lama, dapat mencegah terbentuknya ruang bagi kondensasi.

Jika memungkinkan gunakan stabilizer bahan bakar, untuk menjaga kualitas bahan bakar selama penyimpanan jangka panjang.

5. Ventilasi Tangki yang Buruk

Ventilasi yang buruk dalam tangki bahan bakar, bisa menyebabkan penumpukan tekanan dan kondensasi. Ventilasi yang tidak berfungsi dengan baik, membuat uap air terperangkap dalam tangki dan menyebabkan korosi.

BACA JUGA:Baru Ada di Malaysia ! Varian Warna Terbaru Motor Matic yang Satu Ini Kece Abis

BACA JUGA:Pentingnya Servis Motor Matic Secara Berkala

Ventilasi yang baik sangat penting, untuk menjaga tekanan udara di dalam tangki seimbang dengan tekanan udara di luar tangki. Sehingga mencegah terbentuknya kondensasi.

Memastikan bahwa sistem ventilasi tangki berfungsi dengan baik, adalah langkah pencegahan penting. Pengecekan dan pembersihan rutin pada ventilasi tangki dapat mencegah penumpukan kotoran, yang dapat menghambat aliran udara.

Ventilasi yang bersih dan bebas hambatan akan memastikan bahwa uap air tidak terperangkap di dalam tangki, sehingga mengurangi risiko korosi.

6. Pengaruh Lingkungan Sekitar

Lingkungan dengan kelembapan tinggi atau area dekat pantai dengan kandungan garam yang tinggi di udara, dapat mempercepat proses korosi pada tangki bahan bakar.

BACA JUGA:Faktor Motor Matic Boros Bahan Bakar dan Tips Mengatasinya

BACA JUGA:Bisa Rusak Permanen! 5 Risiko Jarang Servis Motor Matic

Garam dan kelembapan adalah dua faktor utama yang dapat mempercepat proses oksidasi pada logam, menyebabkan karat lebih cepat dibandingkan lingkungan yang kering.

Motor yang sering terpapar kondisi lingkungan seperti ini perlu perawatan ekstra, seperti pembersihan rutin dan pelapisan ulang tangki dengan bahan anti-karat.

Menyimpan motor di tempat yang kering, dan jauh dari paparan langsung elemen-elemen korosif juga sangat dianjurkan. Menggunakan penutup motor yang tahan air dan debu, dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap elemen-elemen lingkungan yang dapat menyebabkan karat.

Selain itu membersihkan motor secara rutin, untuk menghilangkan garam dan kotoran yang menempel juga sangat penting.

7. Kebocoran pada Tangki

Kebocoran kecil pada tangki bahan bakar, baik karena kerusakan fisik atau cacat pabrik, bisa menjadi titik awal terbentuknya karat. Bensin yang merembes, dapat menguap dan meninggalkan residu yang menyebabkan korosi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: