KPU Banjarnegara Capai 97 Persen dalam Tahap Coklit Pilkada 2024

KPU Banjarnegara Capai 97 Persen dalam Tahap Coklit Pilkada 2024

Anggota KPU Jawa Tengah melakukan monitoring coklit oleh Pantarlih di Kabupaten Banjarnegara. -KPU KABUPATEN BANJARNEGARA UNTUK RADARMAS-

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tahap pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Banjarnegara menunjukkan hasil yang signifikan, dengan capaian 97 persen.

Ketua KPU Kabupaten Banjarnegara, M Syarif SW, menyampaikan bahwa hasil ini sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh KPU dan mencerminkan kerja keras dari seluruh petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) yang tersebar di lapangan.

“Capaian ini sesuai dengan target kami. Pekan ketiga ini, sebagian besar warga yang memenuhi syarat sebagai pemilih dalam Pilkada Serentak 2024 telah dicoklit oleh Pantarlih,” kata M Syarif SW, Kamis (18/7/2024).

Proses Coklit yang dimulai pada 24 Juni lalu dan akan berlangsung hingga 24 Juli 2024 ini masih memberikan kesempatan bagi warga yang belum terdata untuk melapor ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di desa atau kelurahan setempat, atau langsung kepada Pantarlih.

BACA JUGA:Koalisi Banjarnegara Maju Mulai Bergerak, Empat Partai Siap Bergabung

BACA JUGA:Pemkab Banjarnegara Teruskan Upaya Pendampingan untuk 5.729 Anak Tidak Sekolah

“Pantarlih bertugas di setiap TPS. Untuk TPS dengan jumlah pemilih mencapai 400 orang, terdapat satu Pantarlih. Sementara untuk TPS dengan jumlah pemilih lebih dari 400 orang, terdapat dua Pantarlih,” lanjut M Syarif SW.

Dalam menjalankan tugasnya, Pantarlih dilengkapi dengan surat tugas, tanda pengenal, topi, rompi, dan alat kerja.

Setiap keluarga yang telah dicoklit akan menerima tanda bukti, dan rumah mereka akan diberi stiker coklit sebagai penanda. Di Kabupaten Banjarnegara, terdapat 3.044 Pantarlih yang bertugas di 1.674 TPS.

M Syarif SW menggarisbawahi pentingnya partisipasi aktif dari masyarakat dalam memastikan data pemilih yang akurat.

“Partisipasi masyarakat sangat penting untuk memastikan bahwa setiap warga yang memenuhi syarat terdata sebagai pemilih. Kami mengajak warga yang belum terdata untuk segera melapor agar hak pilih mereka terjamin dalam Pilkada 2024,” tambahnya.

Proses Coklit ini adalah langkah penting dalam persiapan Pilkada Serentak 2024, yang bertujuan memastikan kelancaran dan keakuratan data pemilih. Dengan capaian ini, KPU Banjarnegara optimistis bahwa proses pemilihan dapat berjalan dengan baik, transparan, dan demokratis. (jud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: