Teknologi Terbaru! 7 Perbandingan Motor Matic Honda Beat Injeksi dengan Beat Karbu

Teknologi Terbaru! 7 Perbandingan Motor Matic Honda Beat Injeksi dengan Beat Karbu

Teknologi Terbaru! 7 Perbandingan Motor Matic Honda Beat Injeksi dengan Beat Karbu-google-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Perbandingan motor matic Honda Beat injeksi dengan Beat karbu, merupakan hal menarik bagi para pengendara yang ingin mencari skuter matik yang irit, handal, dan stylish.

Honda Beat, skuter matic legendaris asal Jepang, telah lama mendominasi pasar roda dua Indonesia. Sejak debutnya di tahun 2002, Beat terus menjadi primadona berkat desainnya yang ramping, irit bahan bakar, dan banderol yang bersahabat.

Namun seiring berjalannya waktu, Honda menghadirkan inovasi dengan menawarkan Beat dalam dua varian: Beat injeksi dan Beat karbu.



Keduanya meski sama-sama menyandang nama Beat, memiliki perbedaan mendasar yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk meminang salah satunya. Mari telusuri lebih dalam 7 perbandingan motor matic Honda Beat injeksi dengan Beat karbu.

1. Jantung Mekanik

Perbedaan paling mencolok antara Beat injeksi dan Beat karbu terletak pada jantung pacunya, yakni sistem bahan bakar. Beat injeksi mengandalkan teknologi Programmed Fuel Injection (PGM-FI), yang dikendalikan secara elektronik.

BACA JUGA:Wajib Tau! 7 Penyebab Motor Matic Vario 125 Ngempos

BACA JUGA:Waspada! 7 Tanda-tanda Oli Motor Matic Palsu yang Mengintai di Pasaran

Sebaliknya, Beat karbu menggunakan sistem karburator mekanis. Sistem PGM-FI pada Beat injeksi bekerja dengan cara menyemprotkan bahan bakar, secara presisi ke ruang bakar mesin melalui injektor.

Jumlah bahan bakar yang disemprotkan ini diatur oleh Electronic Control Unit (ECU) berdasarkan berbagai parameter mesin, seperti putaran mesin, beban mesin, dan kondisi lingkungan.

Akurasi suplai bahan bakar inilah yang diklaim menjadi keunggulan Beat injeksi. Pembakaran yang lebih optimal membuat Beat injeksi lebih irit bahan bakar dibandingkan Beat karbu.

Menurut beberapa sumber konsumsi bahan bakar Beat injeksi bisa mencapai 60-70 km/liter, sementara Beat karbu berada di kisaran 50-60 km/liter.

2. Performa Mesin

Berkat sistem bahan bakar yang lebih canggih, Beat injeksi memiliki performa mesin yang unggul tipis dibandingkan dengan Beat karbu. Hal ini terlihat dari tenaga maksimum yang dihasilkan.

BACA JUGA:Simak! 7 Keunggulan pada Motor Matic NMAX 125 yang Kuasai Pasar Eropa

BACA JUGA:Ternyata Ini! 7 Alasan Masyarakat Masih Memilih Motor Matic Dibandingkan Motor Listrik

Beat injeksi mampu menyemburkan tenaga hingga 9 hp pada putaran mesin 7.500 rpm, sementara Beat karbu baru mencapai tenaga 9 hp pada putaran mesin 8.000 rpm. Selain itu, sistem PGM-FI memungkinkan suplai bahan bakar yang lebih baik pada putaran mesin rendah.

Hal ini membuat Beat injeksi memiliki torsi yang lebih besar pada putaran rendah, sehingga tarikan awal terasa lebih responsif. Ini menjadi nilai tambah bagi pengendara yang gemar bermanuver lincah di jalanan perkotaan yang padat.

3. Fitur

Honda Beat injeksi umumnya dibekali fitur-fitur yang lebih modern dibandingkan dengan Beat karbu. Beberapa fitur yang hanya terdapat pada Beat injeksi antara lain:

a. Sistem Idling Stop System (ISS): Fitur ini secara otomatis mematikan mesin saat motor berhenti selama lebih dari 3 detik.

BACA JUGA:Terlihat Mewah! 7 Alasan Motor Matic Honda Stylo 160 Tetap Mencuri Perhatian

BACA JUGA:Yuk Simak! 5 Rekomendasi Motor Matic Second di Bawah 5 Juta yang Super Murah

Mesin akan kembali hidup saat tuas gas diputar. Fitur ini diklaim ampuh untuk menghemat bahan bakar, terutama saat terjebak kemacetan.

b. Lampu LED: Beat injeksi menggunakan lampu depan dan sein berteknologi LED yang lebih terang dan hemat energi dibandingkan lampu halogen pada Beat karbu.

c. Socket Charger: Beat injeksi dilengkapi dengan socket charger untuk mengisi daya gadget Anda, seperti ponsel pintar. Fitur ini sangat berguna di era digital ini.

4. Harga

Wajar jika teknologi dan fitur yang lebih canggih pada Beat injeksi dibanderol dengan harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan Beat karbu.

BACA JUGA:7 Kelemahan Membeli Motor Matic Second dengan Harga Murah, Yuk Perhatikan!

BACA JUGA:5 Fitur Unggulan Motor Matic Kymco Like 150i

Selisih harga ini bervariasi tergantung pada tahun produksi dan tipe motor, namun umumnya Beat injeksi dipatok beberapa juta rupiah lebih tinggi dari Beat karbu.

5. Perawatan

Perawatan Beat injeksi umumnya lebih rumit dan mahal dibandingkan dengan Beat karbu. Sistem PGM-FI pada Beat injeksi membutuhkan alat dan keahlian khusus untuk diservis.

Idealnya perawatan rutin Beat injeksi dilakukan di bengkel resmi Honda, yang memiliki mekanik terlatih dan peralatan yang sesuai.

Sebaliknya perawatan Beat karbu relatif lebih sederhana, komponen karburator lebih mudah dijangkau dan dibersihkan. Ini menjadi keuntungan tersendiri bagi mereka yang gemar "oprek" motor sendiri, atau yang tinggal di daerah yang jauh dari bengkel resmi.

6. Ketahanan

Baik Beat injeksi maupun Beat karbu dikenal sebagai motor yang tangguh dan tahan lama. Keduanya telah teruji ketangguhannya di berbagai medan jalanan Indonesia.

BACA JUGA:Hal-Hal yang Disukai dari Motor Matic Kymco Like 150i

BACA JUGA:Spesifikasi Lengkap Motor Matic Kymco Like 150i

Namun perlu dicatat bahwa sistem PGM-FI pada Beat injeksi memiliki komponen elektronik, yang lebih banyak dibandingkan dengan sistem karburator pada Beat karbu. Seiring waktu komponen elektronik tersebut berpotensi mengalami kerusakan, sehingga risiko biaya servis yang lebih tinggi di masa depan pun lebih besar pada Beat injeksi.

7. Nilai Jual Kembali

Di pasar jual beli motor bekas, nilai jual kembali Beat injeksi umumnya lebih tinggi dibandingkan dengan Beat karbu. Hal ini karena Beat injeksi dianggap sebagai motor yang lebih modern, irit bahan bakar, dan memiliki fitur yang lebih lengkap.

Keunggulan nilai jual kembali ini menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin membeli motor, dengan tujuan investasi jangka panjang.

Pilihan antara Honda Beat injeksi dan Beat karbu ultimately, tergantung pada kebutuhan dan preferensi pribadi Anda. Bagi pengendara yang menginginkan motor yang irit bahan bakar, bertenaga, dan dilengkapi dengan fitur modern, Beat injeksi adalah pilihan yang tepat.

BACA JUGA:Menakjubkan! 7 Kecanggihan pada Motor Matic FKM Venture 180

BACA JUGA:Intip! 7 Kecanggihan Motor Matic Dragster 700 Twin

Namun bagi pengendara yang menginginkan motor dengan harga terjangkau, mudah dirawat, dan memiliki nilai jual kembali yang stabil, Beat karbu masih merupakan pilihan yang menarik.

Dengan melihat perbandingan motor matic Honda Beat injeksi dengan Beat karbu, membuat Anda memiliki pertimbangan yang lebih matang. Dalam memilih motor yang sesuai dengan kebutuhan dan budget. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: