PPDB Berakhir, Dinas P dan K Tetap Akan Jaring Murid Baru, Ini Sebabnya

PPDB Berakhir, Dinas P dan K Tetap Akan Jaring Murid Baru, Ini Sebabnya

Kepala Dinas P dan K Kabupaten Cilacap Sadmoko Danardono.-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Meski tahun ajaran baru sudah akan dimulai pada 22 Juli 2024 mendatang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kabupaten Cilacap akan terus menjaring anak-anak usia sekolah yang tidak bersekolah.

"Kita akan terus menjaring anak - anak yang tidak bersekolah, nanti akan kita telusuri penyebab kenapa bisa putus sekolah lalu akan kita arahkan," kata Kepala Dinas P dan K Sadmoko Danardono saat dihubungi Radarmas pada Jumat (11/7/2024).

Menurutnya, jika mengacu data dari 37 desa miskin extrim di wikayah Kabupaten Cilacap terdapat sekitar 547 anak usia sekolah yang tidak bersekolah dengan berbagai faktor.

"Semua sudah tertangani itupun ada yang belum tertangani karena yang bersangkutan sudah bekerja ke luar kota," lanjutnya.

BACA JUGA:Prosesi Gelar Budaya Sedekah Laut, 9 Jolen dilarung di Pantai Teluk Penyu

BACA JUGA:Empat Parpol Besar Sepakat Usung Awaluddin Muuri Jadi Bupati Pada Pilkada 2024

Pada tahun ini setelah Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pihak Dinas P dan K akan memastikan tidak akan ada anak usia sekolah yang tidak bersekolah.

"Biasanya karena faktor ekonomi tapi kami siap menjembatani, masih banyak sekolah non formal yang memiliki kesetaraan dengan sekolah formal kemudian ada pula program dari Baznas dan kita akan jembatani," tegasnya.

Pihaknya menghimbau kepada orang tua untuk menyekolahkan anak - anaknya, dalam hal ini Dinas P dan K siap memfasilitasi serta mendampingi mereka untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

"Mereka adalah aset bangsa serta Kabupaten Cilacap jadi masalah ekonomi jangan sampai menghambat mereka untuk menggapai cita-cita," pungkasnya. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: