7 Penyebab Motor Matic Sering Mogok dan Cara Mengatasinya

7 Penyebab Motor Matic Sering Mogok dan Cara Mengatasinya

Mengenai hal-hal yang menyebabkan sepeda motor matic sering mogok dan juga beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut.-Fahma Ardiana-

 

Starter mesin sepeda motor matic yang rusak atau aus dapat menyebabkan sepeda motor matic mati. Inilah mengapa pengecekan starter sepeda motor matic sangatlah penting. 

Pemilik kendaraan juga harus menyediakan penggantinya jika diperlukan. Periksa juga sistem pengisiannya, seperti pada alternator dan pengatur tegangan berfungsi dengan baik.

5. Masalah Sistem Pengapian

Masalah sistem pengapian seperti, koil atau CDI rusak, mesin sepeda motor matic bisa mati. Pasalnya, sistem pengapian merupakan komponen penting yang menghasilkan api pada busi, diperlukan untuk menghidupkan mesin motor matic.

BACA JUGA:Cara Memanaskan Mesin Motor Matic Baru yang Benar agar Mesin Awet

BACA JUGA:Penyebab dan Cara Untuk Merawat Ban Motor Matic Agar Tidak Cepat Gundul

 

Kesalahan pada sistem ini dapat menyebabkan mesin mati. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memeriksa beberapa komponen pengapian seperti busi, CDI, kelistrikan, stator, dan magneto, lalu ganti komponen seperlunya.

6. Filter Udara Kotor

Fungsi filter udara adalah menyaring udara sebelum masuk ke mesin dan mencampurkannya dengan bahan bakar.

Filter udara yang kotor atau tersumbat dapat membatasi aliran udara dan mempengaruhi pembakaran serta kinerja mesinsepeda motor matic.

Lakukan tindakan pencegahan seperti membersihkan atau mengganti filter Udara pada sepeda motor matic. Perawatan komponen ini harus dilakukan secara berkala.

7. Overheat

Overheat terjadi bila temperatur mesin sepeda motor matic naik melebihi batas aman. Jika kondisi ini terus berlanjut, bisa saja berbagai bagian mesin epeda motor matic mengalami kerusakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: