Penyebab dan Cara Untuk Merawat Ban Motor Matic Agar Tidak Cepat Gundul

Penyebab dan Cara Untuk Merawat Ban Motor Matic Agar Tidak Cepat Gundul

Mengenai beberapa hal yang menyebabkan ban motor matic menjadi gundul dan cara untuk merawatnya.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Fungsi ban sepeda motor matic sangat beragam. Komponen tunggal yang bersentuhan dengan jalan ini tidak hanya membuat kendaraan tetap melaju, namun juga berdampak langsung pada performa dan keselamatan saat berkendara.

Sayangnya, masih banyak masyarakat yang kurang memperhatikan kualitas dan kondisi ban yang digunakannya.

Padahal, jika ban Anda sudah aus atau tidak dirawat dengan baik, bisa meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan, apalagi biaya penggantiannya tidak murah.

Oleh karena itu, untuk menjamin keawetan ban sepeda motor matic Anda, penting untuk mengetahui cara merawatnya. Mau tahu caranya? Simak pembahasan di bawah ini!

Penyebab Ban Motor Matic Cepat Gundul

Sebelum kita membahas tentang perawatan ban, yuk, ketahui apa saja penyebab ban sepeda motor matic cepat gundul. Berikut 3 penyebab umum yang perlu Anda ketahui.

1. Mengerem terlalu keras atau terlalu sering

Mengerem terlalu keras merupakan salah satu kebiasaan berkendara yang mempunyai dampak paling besar terhadap keausan ban. Saat Anda mengerem secara tiba-tiba, gesekan antara ban dan jalan meningkat secara signifikan.

BACA JUGA:Tips Merawat Motor Matic yang Mudah Dilakukan Agar Tetap Enteng Saat Dikendarai

BACA JUGA:Cara Membersihkan CVT Motor Matic Agar Awet dan Tahan Lama

 

Akibatnya, lapisan luar ban sepeda motor matic menjadi aus dan kerusakan bisa terjadi dalam waktu singkat. Selain itu, pengereman mendadak juga dapat menyebabkan keausan ban tidak merata.

Artinya terdapat risiko keselamatan yang tinggi terutama pada kondisi jalan basah atau licin. Jadi cobalah mengerem sepeda motor matic dengan lebih lembut dan lebih sadar.

2. Memilih ban yang salah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: