Hari Pertama Coklit, Sasar Rumah Sejumlah Tokoh Banyumas

Hari Pertama Coklit, Sasar Rumah Sejumlah Tokoh Banyumas

Petugas Pantarlih memasang stiker Coklit di rumah Bambang Hariyanto Bachrudin, Arcawinangun, Purwokerto Timur, Senin sore (24/6/2024).-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas mulai melaksanakan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dengan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) pada hari Senin, 24 Juni 2024. Pada hari pertama, petugas menyambangi beberapa tokoh, termasuk Ketua DPRD, Anggota DPRD, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Proses Coklit dilakukan oleh petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) yang telah dilantik pada Senin (24/6/2024) dan mendapatkan bimbingan teknis (Bimtek) dari KPU pada Senin siangnya. KPU Kabupaten Banyumas sendiri melantik 5.195 petugas Pantarlih.

Sidiq Fathoni, Komisioner KPU Kabupaten Banyumas, menyatakan bahwa setelah pelantikan, para petugas langsung mengikuti pembekalan berupa bimbingan teknis. Sore harinya, Pantarlih mulai menjalankan tugasnya melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit).

BACA JUGA:Pelajar SMP Tergelincir Lalu Tenggelam di Sungai Pelus Limpakuwus Saat Liburan

"Coklit dilakukan serentak, termasuk untuk lima perwakilan eksekutif, legislatif, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan Forkompimda/Forkompimcam," ujarnya setelah mendampingi proses Coklit di rumah Bambang Hariyanto Bachrudin, Ketua Komisi C DPRD Jawa Tengah, pada Senin petang.

Selain Bambang Hariyanto Bachrudin, beberapa tokoh lain yang disambangi pada hari pertama Coklit adalah Ketua DPRD Kabupaten Banyumas, dr. Budhi Setiawan, Biksu Bante di Kemutug Lor, dan Pendeta Maria di Kranji.

BACA JUGA:Pasar Darurat Karangkobar Banjarnegara Dikebut, Siap Digunakan Pedagang

"Untuk hari ini, ada beberapa tokoh lain yang dijadwalkan, meskipun ada yang tidak bisa hadir karena berada di luar kota. Kami (komisioner) akan mendampingi petugas yang mengunjungi beberapa tokoh," tambahnya.

Berdasarkan pemetaan, akan ada 2.646 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Pilkada Banyumas nanti. Untuk TPS dengan jumlah pemilih kurang dari 400, akan ada satu petugas Pantarlih, sedangkan TPS dengan jumlah pemilih lebih dari 400 akan memiliki dua petugas Pantarlih. Sehingga, total kebutuhan Pantarlih di Kabupaten Banyumas adalah 5.195 orang.

Sesuai dengan Keputusan KPU Nomor 638 Tahun 2024, Petugas Pantarlih akan bekerja selama satu bulan, mulai dari 24 Juni hingga 25 Juli 2024, dengan gaji sebesar satu juta rupiah per bulan.

BACA JUGA:KPU Kabupaten Cilacap Lantik 5.709 Petugas Pantarlih

Bambang Hariyanto Bachrudin (BHB) menyampaikan harapannya agar Pilkada yang akan diadakan pada 27 November mendatang tidak hanya sukses dari segi penyelenggaraan, tetapi juga mampu menghasilkan pemimpin yang berkualitas dan dapat membawa kemajuan bagi masyarakat Banyumas.

"Saya berharap Pilkada nanti tidak hanya sukses dalam penyelenggaraannya, tetapi juga dalam menghasilkan pemimpin yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.(dms)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: