Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Pastikan Kebutuhan Hewan Kurban Aman

Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Pastikan Kebutuhan Hewan Kurban Aman

Kondisi pasar hewan di Karangpucung jelang Idul Adha.-Akbar untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Masyarakat diminta tidak khawatir akan ketersediaan hewan kurban di Kabupaten Cilacap. Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Pertanian akan memastikan stok hewan kurban di Kabupaten Cilacap tercukupi.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, Susilan mengatakan, saat ini kebutuhan hewan kurban jenis sapi di Kabupaten Cilacap mencapai 6 ribu ekor. 

"Stok kita ada 4 ribu ekor, nanti kalau tidak tercukupi akan kita tambahan stok hewan kurban lagi. Tapi saat ini masih aman," kata dia.

Sementara itu, untuk kebutuhan hewan kurban jenis kambing di Kabupaten Cilacap mencapai 16 ribu ekor. Sedangkan. Jumlah stok yang tersedia mencapai 100 ribu ekor. 

BACA JUGA:Prevalensi Stunting Kabupaten Cilacap Naik, 10 Desa Jadi Lokus Stunting

BACA JUGA:Peningkatan Jalan Kabupaten di Cilacap Mulai Dikerjakan

"Itu merupakan populasi peternak lokal kita, jadi mencukupi kebutuhan hewan kurban. Saat ini baik kambing maupun domba masih aman belum ada laporan kekerurangan," kata dia.

Dijelaskan Susilan, berdasarkan catatan petugas, jumlah hewan kurban pada tahun 2022 sebanyak 19.063 ekor dan tahun 2023 sebanyak 19.765 ekor. Jumlah tersebut terdiri dari hewan kurban jenis sapi, kambing dan domba.

Susilan menambahkan, pihaknya terus memastikan kondisi hewan kurban di Kabupaten Cilacap aman terhindar dari penyakit menular ataupun sejenisnya. Kegiatan vaksin juga terus dilakukan hingga jelang pemotongan hewan kurban. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: