161 Kasus DBD di Purbalingga, Dua Meninggal Dunia

161 Kasus DBD di Purbalingga, Dua Meninggal Dunia

Fogging : Petugas Fogging dari Lintas Komunitas Peduli Purbalingga sedang memfogging wilayah Bojongsari belum lama ini.-Lintas Komunitas Peduli Purbalingga-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Purbalingga masih bertambah. Tercatat sejak Januari sampai pertengahan Juni ini terdapat 161 kasus dengan dua orang diantaranya 2 meninggal.  

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, dr Jusi Febrianto melalui Ketua Tim P2M Dinkes Purbalingga, Abidin Sholihin menjelaskan, kasus DBD di Kabupaten Purbalingga merata di semua kecamatan.

"Dari jumlah 161 kasus DBD, dua meninggal dari wilayah Kecamatan Padamara dan Kecamatan Kalimanah," rincinya, Jumat 14 Juni 2024.

Pihaknya juga mengakui jika sampai saat ini di lapangan banyak laporan kasus DBD dari masyarakat. Namun, tidak semua terbukti merupakan kasus DBD. Sebab, tidak semua kasus demam yang ditemukan merupakan kasus DBD.

BACA JUGA:Kasus DBD di Purbalingga Terus Bertambah, Ditemukan 141 Kasus dan 1 Meninggal Dunia

BACA JUGA:Lebih dari Sepertiga Kasus DBD Ditemukan di Wilayah Kecamatan Purbalingga

"Pernah ada laporan dua meninggal di Bukateja, namun setelah dicek detil riwayat kesehatan, terbukti bukan karena DBD," tambahnya. 

Masyarakat diminta tidak panik dan tetap melakukan langkah- langkah antisipasi dini. Seperti yang sudah lazim diketahui, penanganan dengan  5M. 

Yaitu mengubur barang bekas yang dapat menampung air, menutup tempat penampungan air, menguras bak mandi, menaburkan bubuk abate di tempat penampungan air yang sulit dibersihkan dan mengganti air di vas bunga. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: