Deteksi Dini Bencana Tanah Bergerak, BPPB Cilacap Pasang EWS di Kutabima

Deteksi Dini Bencana Tanah Bergerak, BPPB Cilacap Pasang EWS di Kutabima

Petugas teknis saat memasang EWS di Dusun Citulang Desa Kutabima dengan disaksikan oleh unsur terkait, Kamis (13/6/2024).-BPBD Cilacap Untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Desa Kutabima, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten CILACAP saat ini memiliki alat early warning system (EWS) yang digunakan untuk mendeteksi bencana pergerakan tanah yang biasa terjadi di wilayah tersebut.

Dimana EWS tersebut mempunyai 2 fungsi, yaitu sebagai pemantau curah hujan juga sebagai fungsi utama mendeteksi awal kejadian gerakan tanah.

"Alat itu dipasang di lokasi berdasarkan kajian geologi, dimana lokasi tersebut memiliki potensi paling rawan mengalami bencana tanah bergerak," Kata Kepala Pelaksana BPBD CILACAP Bayu Prahara, Jumat (14/6/2024).

Pemasangan alat EWS merupakan bantuan dari BPBD Provinsi Jateng. EWS tersebut dipasang di daerah rawan longsor atau tanah bergerak yang pernah terjadi di wilayah itu.

BACA JUGA:Diduga Korsleting Sistem Kelistrikan, Mobil Warga Kebon Manis Cilacap Terbakar

BACA JUGA:Aksi Penyelundupan 16 Ribu Ekor Baby Lobster ke Luar Cilacap Berhasil Digagalkan, Kerugian Capai Rp 1,6 Miliar

"Diketahui Desa Kutabima merupakan wilayah perbukitan yang rentan terjadi bencana tanah bergerak apabila memasuki musim penghujan," lanjutnya.

Setelah terpasang, masyarakat diberikan sosialisasi terkait fungsi manfaat serta cara penggunaan dan penanganan masalah terhadap alat tersebut oleh tim Teknis serta dilakukan ujicoba.

"Dalam sosialisasi kita tentukan titik TES (Tempat Evakuasi Sementara) dan TEA (Tempat Evakuasi Akhir) agar masyarakat mengetahui," tandasnya.

Diharapakan dengan adanya sosialisasi terkait kebencanaan dan pembentukan tim serta pemasangan EWS di tingkat wilayah dusun dapat menambah kapasitas serta respon masyarakat ketika terjadi bencana.

"Harapan kami masyarakat selalu siaga terhadap ancaman bencana yang ada serta dapat menjaga dan memelihara keberlangsungan fungsi alat tersebut kedepan," tutupnya. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: