11 Kecamatan Masuk Zonasi Khusus 10 SMA Negeri

11 Kecamatan Masuk Zonasi Khusus 10 SMA Negeri

PELAYANAN: Pelayanan tim help desk PPDB SMA dan SMK di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Jateng, Selasa (11/6).-YUDHA IMAN/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sebanyak 11 kecamatan di Kabupaten Banyumas masuk dalam zonasi khusus untuk 10 SMA Negeri terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini.

Help Desk PPDB Tingkat Kabupaten Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Jateng, Heru Priyatno Adi membenarkan adanya zonasi khusus yang berlaku di 10 SMA Negeri. 

Masing-masing sekolah mengakomodir satu atau dua kecamatan yang di wilayah tersebut sama sekali belum berdiri SMA atau SMK Negeri. Kesepuluh kecamatan yaitu Purwokerto Utara, Barat, Selatan, Somagede, Karanglewas, Sumbang, Kembaran, Pekuncen, Tambak, Kemranjen dan Gumelar. 

BACA JUGA:KPU Banyumas Butuhkan 5 Ribu Pantarlih

"Kuota zonasi khusus termasuk bagian dari kuota zonasi reguler yang ditetapkan paling banyak 12 persen dari daya tampung," katanya ditemui Radarmas, Selasa (11/6).

Heru menjelaskan SMA Negeri di dalam Kota Purwokerto yang menerapkan zonasi khusus diantaranya SMA Negeri 2 Purwokerto. 

Dengan kuota sebanyak 39 anak, zonasi khusus di SMA Negeri 2 Purwokerto berlaku untuk warga Kecamatan Purwokerto Utara. Dari 14 SMA Negeri di Kabupaten Banyumas, empat SMA Negeri tidak memberlakukan zonasi khusus.

BACA JUGA:Aspirasi Direalisasi, Guru Apresiasi AYK Anggota DPRD Kabupaten Tegal

"Kuota zonasi khusus per sekolah bisa berbeda-beda menyesuaikan daya tanpung," terang dia.

Dilanjutkannya bagi warga Banyumas yang berkepentingan mendaftarkan anaknya dalam PPDB SMA dan SMK, jika menemui kendala dapat mendatangi help desk tingkat sekolah terlebih dahulu untuk mencari solusi. 

Dari help desk tingkat kabupaten di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Jateng wilayah X prinsipnya siap membantu jika terdapat kendala yang belum dapat terpecahkan di help desk tingkat sekolah.

BACA JUGA:Aksi Tolak Tapera di Alu-Alun Purwokerto, HMI : Tapera 'Tabungan Penindasan Rakyat'

"Untuk pembuatan akun bisa kami bantu dengan catatan membawa device (alat) seperti laptop berikut jaringan internet mandiri," pungkas Heru. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: