Cegah Penyebaran Penyakit Pada Hewan Kurban, Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Gencarkan Pemeriksaan Kesehatan

Cegah Penyebaran Penyakit Pada Hewan Kurban, Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Gencarkan Pemeriksaan Kesehatan

Petugas medis didampingi kepala Dinas Pertanian saat mengecek kesehatan mulut salah satu hewan kurban, Sabtu (8/6/2024).-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Cegah penyebaran penyakit pada hewan kurban, Tim Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap melakukan pemeriksaan hewan kurban di beberapa pedagang di wilayah Kabupaten Cilacap, Sabtu (8/6/2024).

Selain pedagang, pemeriksaan tersebut juga menyasar tempat penampungan dari kandang para peternak dengan sasaran hewan untuk kurban seperti sapi, kambing dan domba.

"Kita libatkan dokter hewan kami untuk lakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban," kata Kepala Dinas Pertanian Cilacap Susilan kepada Radarmas.

Selain itu, pihaknya juga melakukan pemantauan di wilayah perbatasan untuk melakukan pengecekan terhadap hewan kurban yang akan masuk ke wilayah Kabupaten Cilacap.

BACA JUGA:2 Remaja Terseret Ombak Pantai Teluk Penyu Cilacap, 1 Orang Selamat, 1 Lainnya Dalam Pencarian

BACA JUGA:Hujan Disertai Angin Sebabkan Pohon Tumbang di Cilacap Selatan

"Kita lakukan pamantauan secara langsung dengan libatkan petugas medis dan dokter hewan di wilayah perbatasan seperti Kecamatan Sampang dan Patimuan," tandasnya.

Dari pemeriksaan beberapa tempat tersebut, Susilan mengklaim tidak ditemukan hewan kurban yang memiliki penyakit menular seperti Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan Lumpy Skin Disease (LSD).

"Untuk tahun ini hewan kurban di Cilacap kita pastikan aman dan dapat dipastikan kualitas hewan kurban dalam keadaan sehat dan layak untuk dikurbankan," jelasnya.

Meski demikian, pihaknya akan terus gencar melakukan pembinaan intensif kepada pemilik maupun penjual hewan ternak sapi dan kambing di Kabupaten Cilacap.

"Meski aman kita akan tetap lakukan pemantauan baik sebelum maupun setelah hewan kurban itu disembelih," pungkas Susilan. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: