3 Cara Merawat Mesin Motor Matic Overheat Secara Efektif

3 Cara Merawat Mesin Motor Matic Overheat Secara Efektif

Tiga cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk merawat sepeda motor matic dari panas berlebih alias overheat.-Fahma Ardiana-

Mungkin tidak ada minyak, kondisi minyak mungkin buruk, atau minyak mungkin terlalu encer. Jika ada masalah dengan pelumasan, maka ring pistonlah yang menjadi penyebabnya.

Jika ring piston perlahan-lahan mengering, mesin akan mati dan perjalananmu bisa terhenti. Hal ini biasa terjadi pada sepeda motor matic yang rusak. 

Piston yang tidak standar dan tidak terpasang dengan benar juga dapat menyebabkan piston terlalu cepat dibersihkan sehingga menyebabkan piston mengering.

Tapi bukan itu saja, saat mesin terlalu panas, piston akan mengembang dan sulit digerakkan. Suatu saat sepeda motor matic akan kehilangan tenaga dan mogok.

2. Pertolongan pertama pada sepeda motor matic yang overheat

Pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah mendinginkan mesin. Matikan mesin dan pindahlah ke tempat yang teduh jika memungkinkan.

BACA JUGA:Agar Tidak Kena Tipu! Ikuti 5 Cara Mengidentifikasi Oli Motor Matic yang Asli

BACA JUGA:7 Cara Membuat Akselerasi Motor Matic Meningkat Tanpa Bore Up

 

 

Akan lebih baik lagi jika ada bengkel terdekat sehingga Anda dapat segera kembali mengendarai sepeda motor matic Anda.

Cara mengatasi mesin sepeda motor matic panas berlebih bisa Anda lakukan dengan cara membuka katup busi dan melepas busi setelah mesin sudah dingin.

Memasukkan oli baru melalui lubang busi. Ini merupakan jalur singkat bagi oli untuk melumasi piston secara instan dan memaksimalkan pergerakan piston.

Selanjutnya hidupkan saklar dan panaskan secara perlahan. Jangan langsung terburu-buru, pelan-pelan saja.

BACA JUGA:Tanda-tanda Bearing Motor Matic Rusak yang Tidak Boleh Diabaikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: