Cara Mengatasi Aki Motor Matic Cepat Panas

Cara Mengatasi Aki Motor Matic Cepat Panas

5 Penyebab Aki Motor Matic Lemah-Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Apakah Anda pernah mengalami kepanikan ketika aki motor matic Anda tiba-tiba panas atau bahkan bengkak? Atau mungkin mesin motor mati mendadak ketika Anda mengerem secara mendadak? Jangan panik, anda perlu mempelajari Cara Mengatasi aki motor Matic Cepat Panas.

Panas yang berlebihan pada aki motor matic seringkali disebabkan oleh proses kimiawi pengisian dan pengosongan arus yang tidak normal. Salah satu dampak dari proses ini adalah terjadinya overcharge atau tegangan yang masuk melebihi kapasitas aki. 

Jika Anda mengalami masalah aki panas, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa rectifier atau kiprok. Jika rectifier sudah rusak, tegangan standar yang seharusnya diatur maksimal di kisaran 14,3 volt bisa terlewati. 

Mengatasi masalah aki motor matic yang cepat panas atau mesin yang mati mendadak membutuhkan pemahaman akan penyebab yang mendasarinya. Dengan memeriksa sistem pengisian secara berkala, Anda dapat mengurangi risiko terjadinya masalah tersebut. 

Cara Mengatasi Aki Motor Matic Cepat Panas

1. Mengatasi Korsleting

Korsleting pada aki motor matic merupakan masalah yang seringkali disebabkan oleh pemasangan kabel yang tidak tepat. Ketika mengalami korsleting, aki bisa menjadi sangat panas bahkan tidak berfungsi sama sekali. 

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah 5 Efek Negatif dari Fitur USB Charger Pada Motor Matic

BACA JUGA:Punya Bodi Ramping Namun Kurang Disukai, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic Yamaha Aerox 125 LC

Langkah pertama dalam mengatasi masalah korsleting pada aki motor matic adalah dengan memeriksa pemasangan kabel secara teliti. Pastikan semua kabel terpasang dengan baik dan tidak ada yang mengalami kerusakan atau korsleting. 

Melakukan pemeliharaan rutin pada sistem listrik motor matic juga sangat penting untuk mencegah terjadinya korsleting pada aki. Pastikan untuk membersihkan kotoran atau debu yang menempel pada kabel-kabel dan konektor. 

Selalu hindari memasang beban yang melebihi kapasitas aki motor matic Anda. Menggunakan perangkat tambahan seperti lampu tambahan atau sistem audio yang membutuhkan daya besar dapat meningkatkan risiko terjadinya korsleting pada aki.

Ketika mengalami masalah korsleting pada aki, penting untuk memeriksa juga sistem pengisian motor matic Anda. Pastikan rectifier atau kiprok berfungsi dengan baik dan tidak mengalami kerusakan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: