Satlantas Polres Banjarnegara Ungkap Penyebab Minibus Wisatawan Terguling di Bukit Barisan

Satlantas Polres Banjarnegara Ungkap Penyebab Minibus Wisatawan Terguling di Bukit Barisan

Evakuasi minibus Elf yang mengalami remblong terjun bebas ke ladang warga di jalur wisata Dieng pada Minggu (26/5/2024). -DOK PUJUD/RADARMAS-

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Satlantas Polres Banjarnegara mengungkap penyebab minibus dengan nomor polisi B 7320 CAA yang membawa wisatawan Dieng terguling di jalan raya Condong Campur (Bukit Barisan) Pejawaran Banjarnegara, pada Minggu (26/5/2024). Berdasarkan pemeriksaan sementara bukan akibat rem blong, namun karena sopir tidak bisa mengendalikan kendaraan.

Polisi dan Dinas Perhubungan lakukan pemeriksaan kendaraan mulai dari kelayakan dan kondisi rem. Dari hasil pemeriksaan kendaraan, di ketahui penyebab kecelakaan akibat sopir bus yang tidak menguasai medan.

Kasatlantas Polres Banjarnegara, Iptu Bimo Seno mengatakan, terkait kronologisnya pada pagi hari sekitar jam 10.00, wisatawan dari Dieng  yang akan kembali ke Jakarta melalui jalur Banjarnegara sesampainya di Bukit Barisan Desa Batur, sopir minibus tidak bisa mengendalikan kendaraanya sehingga jatuh ke jurang dengan kedalam 6-7 meter.

“Setelah kita analisa untuk penyebabnya bukan dari rem, tetapi karena sopir minibus tidak mampu mengendalikan kendaraannya,” katanya, Selasa (28/5/2024).

BACA JUGA:Diduga Rem Blong, Minibus Rombongan Wisata Kecelakaan di Jalur Dieng

BACA JUGA:Cari Sampah Plastik, Pria Paro Baya Hilang di Waduk Mrica Banjarnegara

Pemeriksaan dilakukan mulai dari uji kelayakan kendaraan, kondisi ban hingga kondisi rem bus yang digunakan saat alami kecelakaan terjadi.

Dari hasil pemeriksaan kendaraan, di ketahui penyebabnya pengemudi yang tidak menguasai medan dan dalam kondisi panik saat melewati turunan terjal dengan tikungan tajam.

“Setelah kami cek kendaraanya dari Dishub kondisi rem depan dan belakang masih bagus,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan, Satlantas Polres Banjarnegara akan memberlakukan pengalihan arus untuk kendaraan besar melewati jalun lain yang tidak membahayakan.

“Selain itu turun juga Tim Traffic Accident Analysis (TAA) dari Diklantas Polda Jateng. Rencana kedepan, kami akan mengevaluasi jalur yang nantinya dari arah Dieng yang melewati Banjarnegara diarahkan ke jalur yang aman bagi pengendara, ” katanya.

Hingga saat ini polisi masih terus melakukan pemeriksaan kepada sopir, terkait terjadinya kecelakaan yang mengakibatkan 7 orang mengalami luka luka.

Polisi mengimbau kepada pengendara untuk selalu mengecek kendaraanya terutama pada pengeremnya dan selalu berhati-hati serat mengutamakan keselamatan. (jud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: