Pengecekan Kembali Arah Kiblat Serentak Disosialisasikan Di Ajibarang

Pengecekan Kembali Arah Kiblat Serentak Disosialisasikan Di Ajibarang

Sosialisasi dan pelatihan rashdul kiblat yang diselenggarakan BKM Darmakradenan di Masjid Baiturrohmah, Jumat (24/5) malam.-KEMENAG BANYUMAS UNTUK RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Fenomena matahari yang tepat berada di atas Ka'bah sehingga semua bayangan dari benda yang tegak lurus akan mengarah kiblat pada Senin (27/5) pukul 16.18 WIB terus disosialisasikan. Hal ini kaitannya dengan program Hari Sejuta kiblat serentak atau pengecekan kembali arah kiblat (rashdul kiblat).

Di Ajibarang, sosialisasi program Hari Sejuta Kiblat dilaksanakan sekaligus dengan pelatihan rashdul kiblat oleh Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Desa Darmakradenan, Jumat (24/5) malam.

Penyuluh Agama Islam Fungsional Kecamatan Ajibarang, Muhammad Zainur Rakhman, M.Ag mengatakan Hari Sejuta Kiblat merupakan program nasional untuk menggerakan seluruh umat Islam menyempurnakan ibadahnya dengan mengecek arah kiblat sebagai ikhtiar dalam memenuhi salah satu syarat sah dalam solat yaitu menghadap kiblat.

BACA JUGA:Tak Ada Angkot Masuk, PAD Terminal Jompo Hanya dari Kios

"Semua sepakat menghadap kiblat merupakan syarat sah solat. Maka menyempurnakan arah kiblat menjadi upaya sesungguhnya dalam memenuhi syarat tersebut," katanya.

Zainur berharap pada Senin (27/5) sore pukul 16.18 WIB cuaca di wilayah Ajibarang cerah sehingga rashdul kiblat dapat lancar dilaksanakan sebagai cara mengecek arah kiblat yang mudah, murah dan mandiri sekaligus wadah edukasi bagi para jemaah.

"Jika terdapat ketidaksesuaian kiblat solat sebelumnya tetap sah. Tidak perlu diqodho," ingat dia.

BACA JUGA:Kerap Tidak Stabil, Jaringan Internet di MPP Dibenahi Bertahap

Ketua BKM Desa Darmakradenan, KH. Zulfa Muhammad Nur mengatakan program Hari Sejuta Kiblat merupakan kesempatan bagi para takmir untuk menjalankan fungsinya dalam melayani jemaah dengan memastikan kiblat masjid atau musholanya telah sesuai dan benar-benar mengarah ke kiblat.

"Kami berharap sosialisasi rashdul kiblat menjadi syiar dalam rangka menggerakan kembali orang-orang agar memakmurkan masjid," pungkasnya. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: