Motor Listrik Terendam Banjir tapi Masih Bisa Dihidupkan? Simak Rahasianya!

Motor Listrik Terendam Banjir tapi Masih Bisa Dihidupkan? Simak Rahasianya!

Motor Listrik Terendam Banjir tapi Masih Bisa Dihidupkan-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Motor listrik terendam banjir tapi masih bisa dihidupkan? Pertanyaan inilah yang sering muncul pada pengguna Motor listrik saat musim hujan. 

Banjir bisa merusak motor listrik karena terendam air, yang dapat menyebabkan kerusakan pada komponen elektronik dan motor. Namun, jangan khawatir. Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menyelamatkan motor listrik yang terendam banjir. 

Berikut cara-cara efektif menangani motor listrik yang terendam air agar Anda bisa meminimalkan kerusakan dan biaya perbaikan.

1. Segera Matikan Motor

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi motor listrik terendam banjir adalah mematikan motor listrik secara langsung. Jangan sekali-kali mencoba menyalakan motor atau menggunakan starter ketika motor masih berada dalam kondisi terendam air. 

BACA JUGA:Penting! Penanganan Pertama saat Motor Listrik Terkena Banjir

BACA JUGA:Menerjang Banjir dengan Motor Listrik, Tips dan Trik untuk Keamanan dan Efisiensi

Tindakan ini bisa berpotensi menimbulkan korsleting dan merusak komponen elektronik motor dengan serius. Dengan melakukan tindakan pencegahan ini, Anda dapat melindungi motor listrik Anda dari potensi kerusakan.

2. Pindahkan Motor ke Tempat Kering

Jika memungkinkan, segera pindahkan motor ke tempat yang kering dan aman untuk menghindari kerusakan lebih lanjut. Hindari paparan langsung motor ke sinar matahari atau panas berlebihan, karena hal ini dapat merusak komponen internal motor. 

Penempatan motor di tempat yang teduh dan terlindung dari paparan langsung sinar matahari adalah langkah penting untuk meminimalkan risiko kerusakan akibat panas yang berlebihan. Dengan melakukan tindakan ini, Anda dapat melindungi integritas motor listrik Anda dan mencegah kerusakan yang dapat mengganggu kinerjanya. 

3. Lepaskan Baterai

Lepaskan baterai dari motor dengan hati-hati. Gunakan alat yang tepat dan lakukan dengan cermat untuk menghindari kerusakan pada baterai. Ini akan mencegah korsleting lebih lanjut dan memudahkan proses pengeringan motor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: