6 Akibat Fatal Penggunaan Busi Motor Matic yang Tidak Optimal, Wajib Diwaspadai!

6 Akibat Fatal Penggunaan Busi Motor Matic yang Tidak Optimal, Wajib Diwaspadai!

6 Akibat Fatal Penggunaan Busi Motor Matic yang Tidak Optimal, Wajib Diwaspadai!-honda-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Akibat fatal penggunaan busi motor matic yang tidak optimal, bisa berakibat fatal pada performa dan kesehatan mesin motor matic Anda. Oleh karena itu penting untuk selalu menggunakan busi motor matic yang berkualitas, dan sesuai dengan spesifikasi motor Anda.

Busi meski berukuran mungil, memegang peranan krusial dalam sistem pengapian motor matic. Fungsinya yang vital yakni menghasilkan percikan api, untuk membakar campuran udara dan bahan bakar di ruang bakar.

Memainkan peran sebagai pemicu ledakan tersebut kondisi busi yang optimal, menjadi faktor penting untuk menjaga kesehatan mesin dan kehematan pengeluaran Anda.



Oleh sebab itu penting untuk mengetahui, akibat fatal penggunaan busi motor matic yang tidak optimal. Dengan memahami konsekuensinya, Anda bisa lebih aware dan rutin melakukan perawatan terhadap komponen mungil ini.

1. Penurunan Performa Mesin

Busi yang tidak optimal, tidak bisa menghasilkan percikan api yang kuat dan konsisten. Akibatnya pembakaran campuran udara dan bahan bakar di ruang bakar, menjadi tidak sempurna.

BACA JUGA:7 Tips Mengendarai Motor Matic dengan Aman

BACA JUGA:8 Keunggulan Motor Matic Dibandingkan Motor Manual

Hal ini berujung pada tenaga mesin yang berkurang. Anda akan merasakan tarikan mesin terasa berat dan akselerasi menjadi lambat.

Kondisi ini tentu sangat menjengkelkan apalagi saat Anda butuh tenaga ekstra, untuk menyalip kendaraan lain atau melaju di tanjakan. Selain itu, performa mesin yang loyo turut mempengaruhi handling motor matic Anda.

2. Konsumsi Bahan Bakar Boros

Ingin motor matic irit bahan bakar? Selain memperhatikan cara berkendara, kondisi busi juga perlu menjadi perhatian.  

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, busi yang tidak optimal menyebabkan pembakaran tidak berjalan dengan sempurna. Alhasil sebagian bahan bakar tidak terbakar sempurna, dan terbuang percuma melalui knalpot.

BACA JUGA:Sil Shockbreaker Motor Matic Rembes? Ini Penyebabnya

BACA JUGA:4 Kekurangan Motor Matic Aerox 155

Busi yang aus atau memiliki elektroda yang sudah terkikis, tidak bisa menghasilkan ledakan  optimal untuk pembakaran sempurna. Imbasnya Anda harus mengeluarkan lebih banyak bahan bakar, untuk menempuh jarak yang sama dibandingkan dengan kondisi busi yang prima.  

Dalam jangka panjang penggunaan busi tidak optimal, akan membuat dompet Anda menipis karena borosnya konsumsi bahan bakar.

3. Mesin Brebet dan Getaran Berlebih

Busi yang tidak optimal tidak hanya berdampak pada performa mesin dan konsumsi bahan bakar, tetapi juga bisa membuat mesin brebet.  

Istilah brebet merujuk pada kondisi mesin yang tersendat-sendat, terutama saat Anda menarik gas untuk berakselerasi. Hal ini terjadi karena pasokan listrik dari busi menuju ruang bakar tidak stabil.

BACA JUGA:Anda Perlu Tau! 5 Faktor Penyebab Oli Motor Matic Menjadi Bocor

BACA JUGA:Yuk Ketahui! Inilah 6 Perawatan Bearing Motor Matic yang Tepat

Tak hanya brebet, getaran mesin juga akan terasa lebih kasar. Kondisi ini tentu mengurangi kenyamanan Anda saat berkendara.  

Imagine perjalanan jauh yang harus Anda tempuh, dengan mesin yang terus menerus brebet dan menimbulkan getaran. Pastinya akan membuat badan cepat lelah dan konsentrasi terganggu.

4. Sulit Dihidupkan

Pernah mengalami kesulitan menghidupkan motor matic Anda, terutama di pagi hari saat mesin masih dingin? Salah satu penyebabnya bisa jadi karena kondisi busi yang tidak optimal.  

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, busi yang aus atau memiliki elektroda yang sudah terkikis. Tidak bisa menghasilkan percikan api yang kuat dan konsisten.

BACA JUGA:Apakah Oli Mesin Motor Matic Bisa Mengalami Stres? Ini Dia Jawabannya

BACA JUGA:5 Kelebihan Motor matic Yamaha FreeGo 2023 Cocok untuk Keluarga

Akibatnya proses pembakaran menjadi terhambat dan mesin pun susah untuk dihidupkan, baik menggunakan starter elektrik maupun kick starter. Tentu saja kondisi ini merepotkan, terlebih jika Anda sedang terburu-buru untuk berangkat kerja atau aktivitas lainnya.

5. Kerusakan Mesin yang Lebih Parah

Masih nekat menggunakan busi motor matic yang tidak optimal? Awas, bersiaplah untuk mengeluarkan biaya perbaikan yang lebih tinggi.   

Menelantarkan perawatan busi, dapat menimbulkan kerusakan pada komponen mesin lainnya. Akibat pembakaran yang tidak sempurna, komponen mesin seperti piston dan dinding silinder bisa mengalami keausan lebih cepat.  

Pada kasus yang parah, busi yang tidak optimal dapat menyebabkan mesin overheat hingga piston bocor. Tentunya biaya perbaikan kerusakan mesin ini, akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan biaya penggantian busi secara rutin.

6. Emisi Gas Buang Berbahaya Meningkat

Busi yang tidak optimal tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan mesin dan dompet Anda, tetapi juga berdampak negatif terhadap lingkungan.  

BACA JUGA:Jangan Panik! Inilah 6 Cara Mudah Mengatasi Starter Motor Matic Tidak Berfungsi

BACA JUGA:6 Penyebab Utama Starter Motor Matic Tidak Berfungsi

Seperti yang sudah kita ketahui, pembakaran yang tidak sempurna akibat busi yang tidak optimal. Sehingga dapat memberikan emisi gas buang, yang cukup berbahaya untuk kesehatan.

Emisi gas buang tersebut mengandung lebih banyak polutan, seperti karbon monoksida (CO), hidrokarbon (HC), dan nitrogen oksida (NOx). Peningkatan kadar polutan ini dapat menyebabkan gangguan pernapasan, iritasi mata, dan berbagai penyakit pernapasan lainnya.  

Bahkan kadar polutan yang tinggi di udara, dapat memicu kabut asap dan hujan asam yang berakibat fatal bagi kelestarian lingkungan.

Busi merupakan komponen vital dalam sistem pengapian motor matic. Pemakaian busi yang tidak optimal dapat berakibat fatal bagi performa mesin, konsumsi bahan bakar, dan emisi gas buang.  

BACA JUGA:Alasan Motor Matic Vespa Menjadi Favorit di Kalangan Remaja

BACA JUGA:Desain Elegan Motor Matic Vespa Perpaduan Teknologi Modern dan Klasik

Dengan memahami akibat fatal penggunaan busi motor matic yang tidak optimal, Anda dapat menjaga kesehatan mesin motor matic Anda. Sehingga dapat menghemat pengeluaran, dan turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: