Tips Bongkar Pasang Baterai Motor Listrik Yang Aman, Begini Caranya!

Tips Bongkar Pasang Baterai Motor Listrik Yang Aman, Begini Caranya!

Tips Bongkar Pasang Baterai Motor Listrik-United Motor -

Penting untuk menghindari kontak langsung dengan kutub positif dan negatif baterai guna mengurangi risiko kecelakaan listrik. Selalu berhati-hati saat mengangkat dan memindahkan baterai untuk menghindari cedera atau kerusakan pada baterai maupun kendaraan.

Langkah-langkah Bongkar Pasang

1. Akses Baterai

Cari lokasi baterai pada motor Anda. Biasanya, baterai terletak di bawah jok, di bagasi, atau di bagian depan motor. Kemudian, buka penutup baterai dengan kunci pas atau obeng sesuai petunjuk pada buku panduan.

2. Lepaskan Koneksi

Tentukan kutub positif dan negatif pada baterai. Kutub positif umumnya berwarna merah, dan kutub negatif berwarna hitam. 

BACA JUGA:6 Perbedaan Baterai LFP dan NMC untuk Motor Listrik, Mana yang Lebih Unggul?

BACA JUGA:Cara Mengoptimalkan Siklus Baterai Motor Listrik, Hemat Biaya & Hemat Waktu!

Cabut konektor yang terhubung pada kutub positif dan negatif baterai dengan kehati-hatian. Gunakan kunci pas atau obeng untuk membuka baut pengikat baterai dengan cermat.

3. Angkat Baterai

Angkatlah baterai dari motor dengan kehati-hatian agar tidak terjadi kerusakan pada baterai maupun kendaraan. Penting untuk menghindari menjatuhkan atau membentur baterai karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang tidak diinginkan.

4. Pasang Baterai Baru (Jika Diperlukan)

Letakkan baterai baru dengan hati-hati ke dalam kompartemennya. Pastikan baterai terpasang dengan benar dan tidak goyang.

5. Hubungkan Kembali Koneksi

Hubungkan konektor pada kutub positif dan negatif baterai dengan kencang. Pasang kembali baut pengikat baterai dengan kunci pas atau obeng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: