Perhatikan! Berikut 8 Fungsi Penting Fan Belt Motor Listrik

Perhatikan! Berikut 8 Fungsi Penting Fan Belt Motor Listrik

Fan belt bertugas mentransfer tenaga dari motor listrik ke berbagai komponen penting yang membutuhkan daya untuk beroperasi-Indah Citra-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Fan belt atau yang bisa dikenal dengan drive belt atau serpentine belt, merupakan salah satu komponen vital dalam sistem penggerak kendaraan motor listrik

Fan belt bertugas mentransfer tenaga dari motor listrik ke berbagai komponen penting yang membutuhkan daya untuk beroperasi. 

Dan berikut merupakan 8 fungsi utama fan belt pada kendaraan motor listrik dan bagaimana setiap fungsi tersebut berkontribusi pada kinerja keseluruhan kendaraan:

BACA JUGA:Tips Menggunakan Remote Smart Key Motor Listrik Polytron Fox R, ini Kelebihannya!

BACA JUGA:Cara Mengecas Baterai Motor Listrik Polytron Evo Electric, Lakukan dengan Mudah di Rumah!

1. Menggerakkan Alternator

Salah satu fungsi utama fan belt adalah menggerakkan alternator. Alternator adalah perangkat yang menghasilkan listrik untuk mengisi daya baterai dan memasok listrik ke berbagai sistem elektronik di kendaraan. 

Dengan fan belt yang berfungsi dengan baik, alternator dapat bekerja secara optimal, memastikan baterai selalu terisi dan sistem kelistrikan kendaraan berfungsi dengan baik.

2. Mengoperasikan Pompa Air

Pada beberapa kendaraan motor listrik, khususnya yang menggunakan sistem pendingin cair, fan belt berfungsi menggerakkan pompa air. 

Pompa air bertugas mengedarkan cairan pendingin ke seluruh mesin untuk menjaga suhu operasional tetap dalam batas yang aman. 

BACA JUGA:Apa Itu Torsi dari Motor Listrik? Berikut Penjelasan Lengkapnya

BACA JUGA:6 Jenis Motor Listrik Paling Irit di Indonesia, Lengkap Keunggulannya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: