Waspada Mogok! Kenali Tanda-tanda Dinamo Motor Listrik Bermasalah

Waspada Mogok! Kenali Tanda-tanda Dinamo Motor Listrik Bermasalah

Tanda-tanda Dinamo Motor Listrik Bermasalah-Kompas Otomotif-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Bagi sebagian pengguna, mengenali tanda-tanda dinamo motor listrik bermasalah merupakan hal yang rumit. Padahal dengan mengenalinya membuat kita dapat mendiagnosis kerusakan pada motor listrik.

Oleh karena itu, penting bagi pengguna motor listrik untuk memahami tanda-tanda dinamo bermasalah. Dengan begitu, mereka dapat melakukan tindakan pencegahan dan perbaikan yang tepat untuk menjaga kesehatan motor listrik mereka.

Dinamo adalah motor listrik yang berfungsi menggerakkan roda, sehingga perannya sangatlah penting. Dinamo terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu kumparan stator, kumparan rotor, dan magnet permanen. 

Kumparan stator dihubungkan dengan baterai dan menghasilkan medan magnet. Medan magnet ini berinteraksi dengan medan magnet pada rotor, sehingga menghasilkan torsi yang menggerakkan roda.

Tanda-tanda Dinamo Motor Listrik Bermasalah

Meskipun dinamo merupakan komponen yang kokoh, kerusakan dapat terjadi seiring waktu. Berikut adalah beberapa tanda-tanda yang menunjukkan bahwa dinamo motor listrik Anda bermasalah:

1. Dinamo Berat Saat Diputar

Coba putar roda motor listrik dengan tangan saat motor dalam keadaan mati. Jika roda terasa berat dan sulit diputar, kemungkinan besar dinamo sudah bermasalah.

BACA JUGA:Dimana Letak Dinamo Motor Listrik? Pengguna Wajib Tahu!

BACA JUGA:Perlu Kamu Ketahui, Penyebab Bearing Dinamo Motor Listrik Rusak

Hal ini bisa disebabkan oleh korsleting atau kotoran yang menempel pada dinamo.

2. Muncul Kode Error di Spidometer

Beberapa motor listrik memiliki fitur spidometer digital yang menampilkan kode error jika ada komponen yang bermasalah. Jika Anda melihat kode error seperti DTC 007 atau DTC 0015, itu berarti ada masalah pada dinamo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: