Risiko Jika Motor Matic Menggunakan Oli Mesin untuk Motor Manual

Risiko Jika Motor Matic Menggunakan Oli Mesin untuk Motor Manual

Pengertian terkait perbedaan oli mesin untuk sepeda motor matic dan oli mesin untuk sepeda motor manual. -Fahma Ardiana-

 

 

Memiliki sepeda motor matic. Dilengkapi dengan oli mesin manual. Namun jika Anda mengendarai sepeda bertransmisi manual, tentunya Anda harus berhati-hati dalam memilih oli agar tidak salah pilih.

Lalu bagaimana cara membedakan oli mesin sepeda motor matic dan oli mesin sepeda motor manual?

Tentu saja ada perbedaan antara oli sepeda motor matic dan oli sepeda motor manual, dan itu tertulis pada kemasan dan botol olinya.

Berikut akan kami jelaskan cara membedakan oli mesin sepeda motor manual dan oli mesin sepeda motor matic:

1. Cek Kode Jaso pada Kemasan Oli Mesin

Cara termudah untuk membedakan oli mesin sepeda motor matic dansepeda motor manual adalah melalui kode Jaso atau Japan Automobile Standards Association.

Oli sepeda motor matic biasanya diberi kode JASO-MB yang artinya oli tersebut mengandung molibdenum, dimana kandungan ini akan membantu melumasi mesin Anda.

Sedangkan oli mesin sepeda motor manual ini memiliki kode JASO MA. Artinya mengandung bahan tambahan berupa senyawa yang membantu keakuratan kopling.

Penggunaan oli mesin epeda motor matic akan membuat gesekan transmisi menjadi lebih kasar.

2. Perhatikan Kekentalan Oli Mesin

Selain mengecek kode JASO pada kemasan oli, Anda juga dapat membedakan oli mesin sepeda motor matic dan oli mesin sepeda motor manual berdasarkan kekentalan oli mesinnya.

Oli mesin sepeda motor manual biasanya memiliki kekentalan yang lebih tinggi dibandingkan oli mesin sepeda motor otomatis. 

Pasalnya oli mesin sepeda motor manual membantu meningkatkan presisi kopling. Sebaliknya oli untuk sepeda motor matic umumnya lebih encer dibandingkan oli mobil manual, sebab oli sepeda motor hanya cocok digunakan untuk melindungi mesin sepeda motor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: