PENTING! Melindungi Cat Body Motor Matic Kesayangan dari Goresan, Mempertahankan Keindahan dan Nilai Jual

PENTING! Melindungi Cat Body Motor Matic Kesayangan dari Goresan, Mempertahankan Keindahan dan Nilai Jual

PENTING! Melindungi Cat Body Motor Matic Kesayangan dari Goresan, Mempertahankan Keindahan dan Nilai Jual-astramotor-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Melindungi cat body motor matic kesayangan dari goresan, menjadi prioritas utama bagi setiap pemiliknya. Goresan halus, baret, atau lecet dapat merusak keindahan dan nilai jual motor matic Anda.

motor matic telah mendominasi jalanan di Indonesia. Desainnya yang stylish, perawatan yang mudah, dan kepraktisannya menjadikannya pilihan utama untuk aktivitas sehari-hari.

Namun, pesona motor matic ini bisa tercoreng dengan hadirnya goresan pada cat body. Goresan tidak hanya mengganggu penampilan motor matic kesayangan Anda, tetapi juga bisa menurunkan nilainya jika ingin dijual kembali.

Dengan perawatan yang tepat, Anda bisa mempertahankan tampilan kinclong dan bebas goresan lebih lama. Berikut ini beberapa cara efektif, untuk melindungi cat body motor matic kesayangan dari goresan.  

1. Kebersihan dan Pencegahan Paparan Berlebihan

Peribahasa "mencegah lebih baik daripada mengobati", juga berlaku dalam hal perawatan cat body motor matic. Langkah awal yang krusial adalah menjaga kebersihan motor matic Anda secara rutin.  

BACA JUGA:WAJIB TAU! Cara Mengatasi Motor Matic yang Terkena Banjir, Hindari Kerusakan Serius

BACA JUGA:Waspadai! Hal yang dapat Menyebabkan Tangki Bensin Motor Matic Berkarat, Berakibat Kebocoran

Mencuci motor minimal seminggu sekali, dengan sabun khusus motor adalah hal yang wajib dilakukan. Hindari penggunaan sabun cuci piring atau deterjen, karena bahan kimia di dalamnya dapat memudarkan dan merusak lapisan cat.

Selain itu, gunakan kain microfiber yang lembut untuk proses pengelapan.  Kain microfiber memiliki tekstur yang halus, sehingga aman untuk permukaan cat dan tidak meninggalkan goresan.

Selain menjaga kebersihan, perlu juga untuk meminimalisir paparan sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang lama. Paparan sinar matahari yang berlebihan, dapat membuat cat body motor matic Anda kusam dan memudar.  

2. Lapisan untuk Pertahanan Maksimal

Berikut ini beberapa lapisan yang dapa Anda gunakan, untuk melindungi cat body motor matic Anda:

a. Wax

Sebagai lapisan pelindung awal, wax memberikan perlindungan berupa lapisan tipis pada permukaan cat. Lapisan wax ini, dapat membantu mencegah goresan halus yang diakibatkan oleh debu atau sentuhan ringan.  

BACA JUGA:Waspadai! Tanda-tanda Komstir Motor Matic Harus Diganti, Menjaga Keselamatan dan Kenyamanan Berkendara

BACA JUGA:6 Rekomendasi Motor Matic Murah tapi Kualitas Oke

Untuk menjaga efektivitasnya Anda dapat aplikasikan wax secara rutin, minimal setiap 2 bulan sekali pada motor matic Anda.
 
b. Coating

Di atas wax, terdapat lapisan pelindung yang lebih kuat dan tahan lama yaitu coating.  Berbeda dengan wax yang bisa Anda aplikasikan sendiri, coating umumnya  dikerjakan oleh bengkel profesional.  

Lapisan coating ini biasanya dapat bertahan selama 1-2 tahun, tergantung pada kualitas coating dan cara perawatannya.

c. Paint Protection Film (PPF)

Ingin perlindungan ekstra? Anda bisa menggunakan Paint Protection Film (PPF).  PPF adalah lapisan plastik tipis, yang  secara literal "ditempel" pada permukaan cat motor matic Anda.  

BACA JUGA:5 Penyebab Rantai Motor Matic Menjadi Aus dan Kendor

BACA JUGA:Aman dan Nyaman! Inilah 5 Cara Merawat Rem Cakra Motor Matic yang Tepat

Lapisan PPF ini tidak hanya efektif mencegah goresan. Tetapi juga dapat melindungi cat dari benturan, terpaan bahan kimia, dan bahkan serangan batu kerikil.

3. Meminimalisir Risiko Goresan

Parkir merupakan aktivitas yang sering dilakukan sehari-hari. Tanpa disadari, area parkir juga bisa menjadi biang munculnya goresan.  

Untuk itu pilihlah lokasi parkir yang aman dan terhindar dari benda-benda, yang dapat menimbulkan goresan seperti pagar, tiang listrik, atau kendaraan lain. Pastikan motor Anda terparkir dengan standar samping atau tengah dengan benar, agar tidak terjatuh dan berpotensi bergesekan dengan benda di sekitarnya.

Di tempat parkir umum yang ramai, usahakan untuk memberikan jarak yang cukup antara motor Anda dengan kendaraan lain. Hal ini untuk menghindari goresan yang tidak diinginkan, akibat pengendara lain saat memarkirkan kendaraannya.

Perawatan Cepat untuk Minimalisir Kerusakan

Meskipun Anda sudah melakukan upaya pencegahan yang maksimal, kemungkinan goresan pada cat body motor matic tetap bisa terjadi. Jika hal ini terjadi, jangan biarkan goresan tersebut  diabaikan  terlalu lama.

BACA JUGA:Wajib Tahu! 6 Penyebab Utama Velg Motor Matic Menjadi Penyok

BACA JUGA:Tidak Perlu Pusing! Inilah 6 Cara Mudah Memperbaiki Velg Motor Matic yang Penyok  

Semakin cepat ditangani, maka semakin kecil kerusakan yang terjadi. Untuk goresan halus, Anda bisa mencoba menghilangkannya sendiri menggunakan compound atau scratch remover.  

Kedua produk ini berfungsi untuk menghilangkan lapisan cat yang tergores, sehingga permukaan cat menjadi rata kembali. Namun perlu dicatat bahwa penggunaan compound dan scratch remover, harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai petunjuk pemakaian.  

Penggunaan yang berlebihan bisa malah semakin mengikis lapisan cat. Untuk goresan yang lebih dalam dan sudah  menembus lapisan cat, disarankan untuk  membawa motor Anda ke bengkel profesional untuk dilakukan pengecatan ulang.  

Bengkel profesional memiliki peralatan dan keahlian yang tepat untuk menangani goresan dalam, dan mengembalikan cat body motor matic Anda seperti sedia kala.

BACA JUGA:5 Alasan Ban Depan dan Belakang Motor Matic Memiliki Ukuran yang Berbeda

BACA JUGA:Perhatikan! Cara Kerja dan Fungsi Oli Pada Mesin Motor Matic

Dengan melindungi cat body motor matic kesayangan dari goresan, Anda dapat menjaganya cat body agar tetap kinclong. Cat body yang terawat tidak hanya  menambah estetika motor matic Anda, tetapi juga dapat meningkatkan nilai jualnya  jika Anda berencana untuk menjualnya kembali.  (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: