SIMAK 5 Penyebab Bendik Starter Motor Matic Rusak, Wajib Diwaspadai!

SIMAK 5 Penyebab Bendik Starter Motor Matic Rusak, Wajib Diwaspadai!

SIMAK 5 Penyebab Bendik Starter Motor Matic Rusak, Wajib Diwaspadai!-shopee-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Penyebab bendik starter motor matic rusak merupakan hal yang penting, untuk diketahui oleh para pengendara agar terhindar dari mogok di tengah jalan. Hal ini akan membantu Anda menjaga kesehatan motor matic, dan memastikan kelancaran mobilitas Anda.

Pernahkah Anda mengalami motor matic mogok di tengah jalan? Saat itu, panik mulai melanda. Apalagi jika mogok terjadi di malam hari atau di tempat yang sepi.  

Untungnya kala itu saya berhasil menemukan bengkel, dan motor matic saya bisa kembali hidup. Ternyata, penyebab mogoknya motor saya adalah bendik starter yang rusak.  

Bendik starter adalah komponen penting pada motor matic, yang berfungsi untuk menghubungkan arus listrik dari aki ke dinamo starter. Jika bendik starter rusak, maka motor matic tidak bisa dihidupkan dengan starter elektrik.

BACA JUGA:5 Alasan Ban Depan dan Belakang Motor Matic Memiliki Ukuran yang Berbeda

BACA JUGA:Perhatikan! Cara Kerja dan Fungsi Oli Pada Mesin Motor Matic

Pengalaman mogok itu membuat saya sadar, pentingnya menjaga kesehatan bendik starter. Oleh karena itu, saya ingin berbagi informasi tentang penyebab bendik starter motor matic rusak.

Bendik starter bagi pengendara motor matic, adalah komponen vital yang menjamin kemudahan menyalakan mesin.  Berbeda dengan motor bebek yang masih bisa mengandalkan kick starter, motor matic bergantung penuh pada bendik starter.

Bendik starter bekerja dengan cara menghubungkan aliran listrik, dari aki ke dinamo starter. Ketika tombol starter ditekan bendik starter akan menarik gigi pinion bendik ke gigi starter, sehingga dinamo starter berputar dan mesin motor hidup.

Namun layaknya komponen mesin lainnya, bendik starter pun tak luput dari risiko kerusakan. Ini bisa membuat motor matic Anda mogok dan menyusahkan aktivitas.  

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 5 Penyebab Utama Motor Matic Tidak Bisa Distarter

BACA JUGA:Catat! Perbedaan Fitur ABS dan CBS pada Motor Matic

Mari kita kupas tuntas mengenai 5 penyebab bendik starter motor matic rusak beserta solusinya, lengkap dengan tips untuk mencegah kerusakan tersebut.

1. Aki Lemah

Aki merupakan sumber utama suplai listrik, untuk bendik starter dan seluruh komponen kelistrikan lainnya pada motor matic Anda. Jika aki lemah atau soak, tegangan yang dihasilkan tidak akan mencukupi untuk mengaktifkan bendik starter.  

Beberapa tanda aki yang lemah antara lain bunyi klakson lemah, lampu redup, dan mesin susah distarter.

Solusi:

Gunakan voltmeter untuk mengecek kondisi aki, aki yang sehat memiliki tegangan di atas 12 volt saat mesin mati. Jika tegangan aki rendah, aki perlu diganti.

BACA JUGA:5 Motor Matic dengan Fitur Anti-lock Braking System (ABS)

BACA JUGA:Yuk Cari Tau! Penyebab Shock Breaker Motor Matic Menjadi Keras, Segera Lakukan Pemeriksaan dan Perbaikan
    
Jaga kebersihan aki dan terminal aki dari kerak atau karat, untuk mencegah aliran listrik terhambat. Hindari penggunaan aki yang tidak sesuai spesifikasi motor matic Anda.

Aki dengan kapasitas tidak tepat dengan motor matic Anda, dapat mengganggu sistem kelistrikan dan merusak bendik starter.

2. Bendik Starter Rusak

Bendik starter yang rusak bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Yang pertama adalah koil bendik terbakar, biasanya akibat korsleting listrik atau beban berlebih.  

Korsleting bisa terjadi akibat hubungan arus positif dan negatif, yang tidak seharusnya bersentuhan.  Selain itu kontak bendik aus atau gigi pinion bendik rusak, juga dapat membuat bendik starter tidak berfungsi dengan baik.  

BACA JUGA:SIMAK Penyebab Aki pada Motor Matic Tekor, Wajib Diwaspadai!

BACA JUGA:Desain Futuristik untuk Motor Matic Modern dengan Performa Unggul

Kontak bendik yang aus menghalangi aliran listrik lancar sedangkan gigi pinion rusak, membuat bendik starter tidak dapat mencengkram gigi starter dengan sempurna.

Solusi:

Tidak ada perbaikan efektif untuk koil bendik terbakar, solusinya adalah mengganti bendik starter dengan yang baru.
    
Kontak bendik aus, bisa dibersihkan dengan amplas halus atau diganti dengan yang baru. Gigi pinion bendik yang rusak, juga perlu diganti karena tidak bisa diperbaiki.

Ciri-ciri Bendik Starter Rusak

Selain poin-poin yang disebutkan di atas, berikut adalah beberapa tanda bahaya yang perlu Anda waspadai:

BACA JUGA:Perbandingan Motor Matic Model Terbaru dan Lawas

BACA JUGA:?5 Cara Mengirit Penggunaan BBM untuk Motor Matic

  • Muncul bunyi "tek tek tek" berulang kali ketika Anda memencet tombol starter.
  • Mesin motor tidak bisa distarter elektrik sama sekali.
  • Muncul bau terbakar di sekitar area bendik starter.

3. Relay Starter Rusak

Relay Starter berperan sebagai sakelar elektromagnetik, yang menghubungkan arus listrik dari aki ke bendik starter. Jika Relay Starter rusak maka bendik starter tidak akan mendapatkan suplai listrik, sehingga mesin motor tidak bisa dihidupkan dengan starter elektrik.

Solusi:

Bengkel resmi biasanya memiliki peralatan, untuk mengecek kondisi Relay Starter dengan multimeter. Jika Relay Starter rusak, tidak ada perbaikan efektif dan perlu diganti dengan yang baru.

4. Kabel Penghubung Bendik Putus

Kabel penghubung bendik, berfungsi untuk mengalirkan arus listrik dari aki ke bendik starter.  Jika kabel penghubung bendik putus, maka bendik starter tidak akan mendapatkan suplai listrik.

BACA JUGA:3 Motor Matic Terbaru dari Yamaha, Honda, dan Suzuki dengan Kelebihan dan Kekurangannya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: