7 Dampak Negatif Menggunakan Ban Motor Matic yang Tidak Sesuai, Wajib Diwaspadai!

7 Dampak Negatif Menggunakan Ban Motor Matic yang Tidak Sesuai, Wajib Diwaspadai!

7 Dampak Negatif Menggunakan Ban Motor Matic yang Tidak Sesuai, Wajib Diwaspadai!-crosa-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dampak negatif menggunakan ban motor matic yang tidak sesuai, membuatnya berpotensi mengalami berbagai masalah seperti penurunan performa dan kerusakan komponen motor. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan ban motor matic yang sesuai dengan standar pabrik.

Pernah ada pengalaman tarikan motor matic terasa berat dan bensin boros, padahal jarang dipakai? Atau ban licin pas hujan deras nyaris bikin celaka?

Wah, bisa jadi itu pertanda ban motor matic kamu tidak sesuai! Ini yang saya alami beberapa minggu lalu. Ingin tampil kece dengan ban tebal dan sporty, eh malah jebol di performa.

Tarikan berat, bensin boros, dan parahnya licin pas hujan. Baru sadar setelah itu kalau pemilihan ban motor matic gak bisa sembarangan, dan ternyata terdapat dampak negatif menggunakan ban motor matic yang tidak sesuai.

BACA JUGA:Desain Futuristik untuk Motor Matic Modern dengan Performa Unggul

BACA JUGA:Perbandingan Motor Matic Model Terbaru dan Lawas

Skuter matik atau motor matic, menjadi primadona kendaraan roda dua di Indonesia. Dengan kepraktisan dan kemudahan dalam penggunaannya, membuat motor matic banyak diminati masyarakat.

Salah satu komponen penting motor matic yang tak boleh diabaikan adalah ban. Memakai ban yang sesuai dengan spesifikasi motor matic, sangat penting untuk keamanan dan keselamatan berkendara.

Dampak Negatif Menggunakan Ban yang Tidak Sesuai

Berikut beberapa dampak negatif menggunakan ban motor matic yang tidak sesuai, yang wajib Anda ketahui:

1. Performa Menurun dan Boros Bensin

Ban motor matic memiliki ukuran dan pola tapak yang dirancang khusus. Menggunakan ban dengan ukuran lebih besar atau lebih kecil dari rekomendasi pabrikan, dapat berdampak pada performa mesin.

BACA JUGA:?5 Cara Mengirit Penggunaan BBM untuk Motor Matic

BACA JUGA:3 Motor Matic Terbaru dari Yamaha, Honda, dan Suzuki dengan Kelebihan dan Kekurangannya?

Ban yang lebih besar akan membuat beban mesin bertambah berat. Mesin harus bekerja ekstra untuk memutar ban yang lebih besar, sehingga tarikan motor matic terasa berat dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.  

Sebaliknya ban yang lebih kecil akan membuat handling motor matic kurang stabil, apalagi ketika bermanuver atau melewati jalan berkelok.

2. Risiko Kecelakaan Lebih Tinggi

Pola tapak ban motor matic memiliki fungsi yang krusial. Ban dengan pola tapak yang dirancang untuk jalan kering, tidak akan memberikan cengkeraman yang optimal di jalan basah.  

Hal ini dapat meningkatkan risiko tergelincir atau selip ban, terlebih saat mengerem mendadak. Selain itu ban yang tidak sesuai ukuran, dapat mempengaruhi kemampuan manuver dan stabilitas motor matic.  

BACA JUGA:Simak Nih! 7 Tips Cerdas Mencegah Motor Matic Mogok di Jalan

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 6 Dampak Bahaya Membiarkan Oli Motor Matic Sampai Habis

Ban yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat membuat handling motor matic kurang presisi, sehingga berisiko menyebabkan kecelakaan.

3. Cepat Aus dan Rusak

Ban motor matic didesain dengan kompon karet khusus, yang disesuaikan dengan penggunaannya. Misalnya ban untuk penggunaan harian di jalan raya, memiliki kompon karet yang lebih keras dan awet.  

Sementara itu ban untuk penggunaan di lintasan balap, memiliki kompon karet yang lebih lunak untuk daya cengkeraman yang lebih baik. Menggunakan ban yang tidak sesuai dengan kompon yang seharusnya, dapat mempercepat keausan ban.  

Ban yang terlalu lunak untuk penggunaan harian akan cepat aus dan gundul. Sebaliknya ban yang terlalu keras untuk penggunaan di lintasan balap, tidak akan memberikan daya cengkeraman yang optimal.

4. Velg Bengkok

Velg motor matic, memiliki ukuran yang dirancang khusus untuk ban dengan ukuran tertentu.  Memasang ban yang terlalu besar pada velg yang tidak sesuai, dapat menyebabkan velg menjadi bengkok.  

BACA JUGA:Mengenal 7 Fungsi Penting Ring Baut Pembuangan Oli Mesin Motor Matic

BACA JUGA:Yuk Kenali! Penyebab Lampu pada Motor Matic Redup, Cegah Kegelapan saat Berkendara Malam Hari

Velg yang bengkok, dapat mempengaruhi handling motor matic dan berisiko menyebabkan kecelakaan. Selain itu, velg yang bengkok dapat merusak ban pada motor matic.  

Ban yang terpasang pada velg yang bengkok tidak akan pas dan rata, sehingga permukaan ban akan lebih cepat aus dan tidak rata.

5. Bocor dan Sering Kempis

Ban motor matic terdiri dari dua jenis, yaitu tubeless dan tubetype. Ban tubeless tidak memerlukan ban dalam, sementara ban tubetype memerlukan ban dalam.

Memasang ban tubeless pada velg yang seharusnya menggunakan ban tubetype, atau sebaliknya dapat menyebabkan kebocoran. Selain itu menggunakan ban dengan ukuran yang tidak sesuai dengan velg, dapat membuat ban tidak terpasang dengan pas sehingga menyebabkan ban sering kempis.

6. Kenyamanan Berkendara Terganggu

Ban motor matic memiliki profil yang mempengaruhi kenyamanan berkendara. Profil ban yang terlalu tinggi dapat membuat handling motor matic kurang stabil, apalagi ketika bermanuver atau melewati jalan berkelok.

BACA JUGA:PENTING! Kenali Komponen Busi dan Fungsinya pada Motor Matic, Menjaga Performa Mesin Tetap OPTIMAL

BACA JUGA:5 Kelebihan Motor Matic Vario 125 yang Bikin Motor Ini Semakin Keren!

Selain itu profil ban yang tidak sesuai, dapat mempengaruhi jarak terendah motor matic ke tanah (ground clearance). Ban yang terlalu tinggi dapat membuat ground clearance berkurang, sehingga motor matic lebih mudah bersentuhan dengan polisi tidur atau jalan tidak rata.  

Hal ini dapat membuat pengendara tidak nyaman, dan berisiko membuat komponen motor matic lainnya rusak.

7. Garansi Motor Hangus

Penggunaan komponen yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan, dapat membatalkan garansi motor matic Anda. Hal ini karena pabrikan telah mendesain dan menguji motor matic, dengan komponen yang direkomendasikan.  

Penggunaan komponen lain termasuk ban yang tidak sesuai, dapat dianggap sebagai modifikasi yang berpotensi merusak performa atau keamanan motor matic.

BACA JUGA:Waspadai! Akibat dari Jarang Mengganti Oli Mesin Motor Matic

BACA JUGA:Yuk Simak! Teknologi Canggih Terbaru yang Dimiliki Motor Matic Modern

Memilih ban motor matic yang tepat sangat penting untuk keamanan, keselamatan, performa, dan kenyamanan berkendara. Selalu gunakan ban dengan ukuran, tipe, dan kompon karet yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan motor matic Anda.  

Banyaknya dampak negatif menggunakan ban motor matic yang tidak sesuai, sehingga sangatlah penting untuk menggunakan ban motor matic sesuai spesifikasi pabrikan. Dengan menggunakan ban yang tepat Anda dapat memaksimalkan performa motor matic, menghemat konsumsi bahan bakar, dan tentunya berkendara dengan aman dan nyaman. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: