Gelar Sosialisasi 4 Pilar MPR RI , Rofik: Lanjutkan Semangat Founding Fathers Kita

Gelar Sosialisasi 4 Pilar MPR RI , Rofik: Lanjutkan Semangat Founding Fathers Kita

Peserta antusias menyimak sosialisasi 4 Pilar MPR RI yang disampaikan oleh Rofik Hananto di Kebumen-Ibas untuk Radarmas-

KEBUMEN, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Anggota MPR RI Fraksi PKS Rofik Hananto menegaskan, peran Founding Fathers atau para pahlawan bangsa yang telah mendirikan negara Indonesia ini cukup besar, sehingga Indonesia dapat menjadi negara besar seperti sekarang.

Hal itu disampaikan Rofik dalam acara sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Ruang Pertemuan Hotel Candisari, Kebumen, Sabtu (4/5/2024). Acara ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme dan pemahaman tentang 4 Pilar MPR RI.

Rofik juga memberikan contoh kecil pada Dapilnya yakni Dapil Jateng VII (Purbalingga, Kebumen, Banjarnegara) sebagai daerah asal para pahlawan nasional.

“Founding fathers kita berhasil merajut keberagaman ini menjadi sebuah negara yang besar dan tetap bersatu dalam NKRI. Seperti Dapil kita Dapil Jateng VII, mesikupun ini adalah negeri ngapak, tapi ini juga jadi bumi tempat para pejuang melahirkan semangat nasionalisme, semangat patriotisme, semangat berjuang untuk negara,” jelasnya

Para tokoh nasional tersebut, jelas Rofik, telah mewujudkan instrumen yang mengikat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang bersatu, yakni instrumen-instrumen yang terdapat dalam 4 Pilar MPR RI antara lain Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

“Kemudian kita tahu bahwa Indonesia menjadi bangsa yang besar, yang majemuk, yang beranekaragam, perlu diikat dengan ikatan-ikatan yang disepakati bersama, ikatan simpul besar sudah kita sampaikan pada hari ini ada 4 pilar, yang mengikat bangsa ini dalam fondasi bersama menuju cita-cita luhur bangsa ini, negeri adil makmur,” imbuh Rofik.

Berangkat dari hal tersebut, Rofik mengajak masyarakat untuk meneruskan perjuangan serta semangat para pendahulu dalam membangun Bangsa Indonesia menjadi lebih baik.

Acara dihadiri 150 masyarakat Kebumen yang berkesempatan mempelajari dan berdiskusi kembali mengenai 4 Pilar MPR RI, yaitu Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Rofik dalam sambutannya menyampaikan dalam membangun Indonesia dibutuhkan kontribusi yang besar dari berbagai pihak, bukan hanya beberapa golongan tertentu saja. Hal ini berdasarkan semangat Bhinneka Tunggal Ika dimana keberagaman mampu menjadi fondasi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita berpartai di negara ini adalah dalam rangka memberikan kontribusi terbaik, negeri ini terlalu besar kalau dikerjakan sendiri, dibangun sendiri, oleh satu-dua golongan," tambahnya.

Dijelaskan olehnya, negeri ini dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika membutuhkan kontribusi, kesadaran bernegera di setiap anak bangsa di Indonesia untuk terus serta hadir dan berperan aktif. "Negeri yang besar ini membutuhkan sumber daya besar untuk mengolah dengan baik, untuk masa depan anak cucu kita semuanya,” tutur Rofik.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPD PKS Kebumen Pramono dan Sekretaris MPD DPD PKS Kebumen Akbar Yuliastomo. Pramono dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada ratusan masyarakat yang telah hadir bahkan di hari libur, untuk terus menanamkan nasionalisme melalui acara sosialisasi 4 Pilar MPR RI.

Akbar dalam sambutannya mengajak masyarakat untuk terus berkontribusi dalam membangun bangsa, menjadi ujung tombak dalam proses perkembangan Indonesia.(bdg/ads).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: