Antisipasi Potensi Laka Laut, Pertamina Serahkan Perahu Rescue untuk Nelayan Cilacap

Antisipasi Potensi Laka Laut, Pertamina Serahkan Perahu Rescue untuk Nelayan Cilacap

Area Manager Communication, Relations, & CSR PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap Cecep Supriyatna saat mengecek kapal 1 unit perahu untuk keperluan pertolongan (rescue) bagi HNSI.-PT KPI RU IV Cilacap Untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Pertamina (Persero) menyerahkan bantuan 1 unit perahu untuk keperluan pertolongan (rescue) kecelakaan laut kepada Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) CILACAP. Simbolis penyerahan bantuan dilakukan di gedung HNSI CILACAP, Selasa (30/4/2024).

Penyerahan bantuan perahu lengkap dengan mesin dan peralatan rescue dilakukan oleh Area Manager Communication, Relations, dan CSR PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, Cecep Supriyatna kepada Ketua DPC HNSI, Sarjono. Disaksikan Wakil Ketua 5 HNSI, Saeful Purnamaji dan Tim khusus Pertolongan Kecelakaan Laut (TPKL) Wijayakusuma.

Cecep menyampaikan bantuan kapal ini sebagai bukti kepedulian perusahaan terhadap aktivitas nelayan. 

"Pertamina dan nelayan sama-sama memiliki aktivitas di lautan. Inilah wujud nyata kolaborasi dan sinergi Pertamina dengan teman-teman nelayan," ujarnya.

BACA JUGA:Satu Keluarga di Gandrungmangu Cilacap Keracunan Usai Menyantap Masakan Jamur Liar

BACA JUGA:Nelayan Yang Hilang di Perairan Nusakambangan Ditemukan Dalam Kondisi Meninggal Dunia

Lanjut Cecep, tidak dapat dipungkiri adanya potensi kejadian kecelakaan laut yang bisa menimpa kapan saja.

"Kita tentu sama-sama berharap tidak ada lagi kejadian kecelakaan laut. Keberadaan perahu rescue ini sebagai bukti kesiapsiagaan menghadapi kejadian apapun," imbuhnya.

Pihaknya juga mengapresiasi kehadiran TPKL Wijayakusuma HNSI Cilacap sebagai upaya mitigasi bencana di laut.

"Artinya HNSI Cilacap memiliki kesadaran tinggi dalam hal penanggulangan kebencanaan. Keberadaan TPKL diharapkan menjadi garda terdepan ketika terjadi kecelakaan laut dengan mengutamakan koordinasi bersama pihak terkait," ucap Cecep.

Sementara itu Sarjono dalam tanggapannya menyampaikan penghargaan tinggi kepada Pertamina atas dukungan perahu recue lengkap dengan peralatan keselamatan.

"Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kemanusiaan dan pertolongan terhadap nelayan," ungkapnya.

Di sisi lain, pihaknya menyampaikan apresiasi atas keterlibatan aktif tim pemadam kebakaran KPI RU IV Cilacap dalam insiden kebakaran 4 unit kapal di dermaga Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPSC), Kamis (25/4/2024) malam lalu.

"Terimakasih RU IV yang turun dengan dukungan foam dan armada damkar yang turut berjibaku memadamkan api bersama tim damkar lain," tambah Sarjono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: