UMP Sambut Hari Pendidikan, Rektor Sampaikan Biaya Pendidikan UKT Berkeadilan

UMP Sambut Hari Pendidikan, Rektor Sampaikan Biaya Pendidikan UKT Berkeadilan

Rektor UMP, Assoc Prof Dr Jebul Suroso memberikan sambutan saat upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di halaman Gedung Rektorat UMP.--

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID, PURWOKERTO - Pada Kamis (2/5/2024), Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di halaman Gedung Rektorat kampus. Acara tersebut dihadiri oleh mahasiswa, karyawan, dan dosen UMP.

Dalam amanatnya, Rektor UMP, Assoc Prof Dr Jebul Suroso, menyampaikan bahwa UMP mengusung konsep UKT berkeadilan, di mana bagi mahasiswa yang tidak mampu akan mendapatkan beasiswa subsidi dari mahasiswa yang lebih mampu. Hal ini merupakan implementasi nyata dari komitmen UMP untuk menciptakan akses pendidikan yang adil dan merata bagi semua kalangan.

“UKT berkeadilan adalah bagi yang tidak mampu kuliah di UMP akan mendapatkan beasiswa subsisidi dari mahasiswa yang lebih mampu, itu lah konsep berkeadilan yang di UMP,” jelasnya. 

Lebih lanjut Rektor Assoc Prof Dr Jebul Suroso menekankan bahwa lima tahun pelaksanaan Merdeka Belajar telah membawa dampak signifikan dalam proses pembelajaran, meskipun mengakui adanya tantangan dan kekurangan. Namun Rektor juga menyoroti peran panjang dan kontribusi Muhammadiyah dalam pengelolaan pendidikan di Indonesia.

"Muhammadiyah telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan pendidikan di Indonesia, dengan komitmen pada prinsip inklusivitas, tanpa membatasi agama atau kepercayaan," ujar Rektor.

Selain itu, Rektor juga menggarisbawahi komitmen UMP dalam menjalankan program beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi maupun kurang mampu, serta memberikan ruang bagi para wirausahawan dengan membuka kesempatan bagi pedagang UMKM untuk masuk ke kampus.

Selanjutnya, dalam upacara tersebut juga disampaikan penghormatan kepada dua dosen yang akan memasuki masa pensiun bulan Mei, sebagai pengakuan atas kontribusi mereka dalam dunia pendidikan.

Menurutnya, upacara ini tidak hanya menjadi peringatan, tetapi juga momentum bagi UMP untuk terus meningkatkan mutu pendidikan dan berkontribusi pada kemajuan bangsa melalui penguatan nilai-nilai keilmuan dan kepedulian sosial.

“Dengan semangat Merdeka Belajar dan komitmen untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, UMP terus bergerak maju dalam mencetak generasi yang unggul dan berkarakter,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: