Ribuan Wanita Berkebaya Akan Penuhi Jalan-Jalan Protokol Cilacap

Ribuan Wanita Berkebaya Akan Penuhi Jalan-Jalan Protokol Cilacap

Kepala Dinsos PPPA Arida Puji Astuti. -JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sebanyak 3.000 wanita akan mengikuti kirab yang diberi tajuk "Opera Kebaya" dalam rangka memperingati Hari Kartini ke-145, yang rencananya akan digelar pada Sabtu (27/4/2024) mendatang.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Pemkab Cilacap melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak itu akan melibatkan peserta perempuan dari berbagai lapisan masyarakat.

"Sebagai bentuk penghormatan kepada RA Kartini atas segala jasa dan perjuangannya, khususnya kepada kaum perempuan. Kami ingin mewujudkan cita-cita RA Kartini dalam memajukan kaum perempuan," Kata Kepala Dinsos PPPA Arida Puji Astuti, Selasa (23/4/2024).

Selain itu Arida mengatakan, giat tersebut untuk mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung dalam sejarah perjuangan RA Kartini kepada seluruh masyarakat Cilacap, khususnya para generasi muda.

BACA JUGA:Tahap Pembangunan Cilacap City Mall, DPMPTSP Sebut Masih Proses Kementerian Lingkungan Hidup

BACA JUGA:Perbaikan Jalan Rusak di Kabupaten Cilacap Dikebut

"Peserta keseluruhan perempuan mulai dari pelajar TK hingga SMA/sederajat, organisasi perangkat daerah, dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) serta dari lembaga atau instansi akan turut serta, total sekitar 3000 peserta," lanjutnya.

Para peserta mengikuti kirab dengan mengenakkan busana kebaya tradisional yang berbeda, dan berjalan dengan anggun dimulai dari Stasiun Cilacap menuju Lapangan Wijayakusuma.

"Bagi masyarakat yang ingin bergabung kita persilahkan dan kenapa harus memakai kebaya, karena sebagai simbol kekuatan dan keanggunan wanita Indonesia," ujar Arida.

Selain kirab, akan digelar pertunjukan seni yang memukau dari wayang jazz SBI, teater Kutawaru Art, dan tarian dari Sanggar Gian Laksita serta Opera Berkain bakal memeriahkan acara tersebut. Selain itu podcast Hari Kartini untuk menambah semarak suasana.

Pihak panitia juga menyuguhkan aneka kuliner dari pelaku UMKM untuk memanjakan warga masyarakat yang datang menyaksikan, bekerja sama dengan Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPKUKM). (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: