8 Tips Merawat Motor Matic agar Awet dan Tahan Lama, Perpanjang Usia Kendaraan Andalan Anda

8 Tips Merawat Motor Matic agar Awet dan Tahan Lama, Perpanjang Usia Kendaraan Andalan Anda

8 Tips Merawat Motor Matic agar Awet dan Tahan Lama, Perpanjang Usia Kendaraan Andalan Anda-wahana honda-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tips merawat motor matic agar awet dan tahan lama, menjadi hal yang wajib bagi seorang pengendara motor matic. Sehingga tercipta pengalaman berkendara yang aman dan menyenangkan, selain itu dapat membuat motor matic kita lebih awet dan performa optimal.

Sebagai seorang pengendara motor matic sejati, saya paham betul pentingnya menjaga kendaraan kesayangan agar selalu dalam kondisi prima. motor matic bukan hanya alat transportasi, tapi juga sahabat yang menemani keseharian saya dalam beraktivitas.

Pernah beberapa kali motor matic saya mogok di tengah jalan, rasanya kesal dan panik bukan kepalang tanggung. Pengalaman pahit itu membuat saya semakin sadar, bahwa tips merawat motor matic agar awet dan tahan lama itu mutlak diperlukan.

Dari situlah saya mulai rajin mempelajari tips merawat motor matic agar awet dan tahan lama. Saya pun menerapkannya dengan disiplin pada motor matic kesayangan saya.

BACA JUGA:Motor Matic Mendadak Berat Saat Didorong? Coba Cek Bagian Ini

BACA JUGA:Mau Touring Pakai Motor Matic? Ikuti 7 Tips Ini Agar Aman di Perjalanan

Saat ini setelah bertahun-tahun menerapkan kebiasaan baik ini, motor matic saya masih dalam kondisi prima dan jarang sekali mengalami masalah. Bahkan untuk konsumsi bahan bakarnya pun masih irit seperti baru beli.

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman dan tips-tips, yang telah saya pelajari dalam merawat motor matic agar awet dan tahan lama.

8 Tips Merawat Motor Matic agar Awet dan Tahan Lama

Berikut ini tips penting yang dapat Anda lakukan, untuk merawat motor matic kesayangan Anda:

1. Memanaskan Mesin Sebelum Digunakan

Membiasakan memanaskan mesin selama 5-10 menit sebelum digunakan bukanlah sekadar kebiasaan usang, hal ini penting untuk memastikan oli mesin terdistribusi dengan baik ke seluruh komponen mesin. Oli yang mengalir lancar dapat melumasi dan mengurangi gesekan antar komponen mesin, sehingga memperlambat keausan dan memperpanjang usia pakainya.  

BACA JUGA:6 Tips Aman Berkendara Motor Matic Saat Musim Hujan yang Bisa Kalian Ikuti

BACA JUGA:6 Ban Motor Matic Merek Terkenal Dengan Harga Murah

Pada saat memanaskan mesin motor matic, sebaiknya gunakan kick starter untuk menghindari aki cepat tekor.

2. Ganti Oli Secara Berkala

Oli mesin adalah elemen vital dalam menjaga performa, dan kesehatan mesin motor matic Anda. Oli berperan melumasi komponen mesin yang bergerak, mengurangi gesekan, dan menjaga suhu mesin tetap optimal.

Oli yang kotor atau tidak diganti secara rutin, dapat menyebabkan keausan komponen mesin lebih cepat serta menurunkan performanya. Untuk itu patuhi jadwal penggantian oli yang dianjurkan pabrikan motor Anda.

Biasanya penggantian oli mesin dilakukan setiap 2.000-4.000 km, sedangkan oli gardan setiap 6.000 km. Selain itu pastikan Anda menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi motor Anda.

BACA JUGA:Harga Mulai Rp 5 Jutaan, Inilah 6 Daftar Motor Matic Honda BeAT Bekas yang Murah

BACA JUGA:Mantap! Inilah 5 Motor Matic Karya Anak Bangsa yang Bikin Bangga

Oli yang tidak sesuai dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti kopling selip dan mesin cepat panas.

3. Pilih Bensin Berkualitas

Bensin yang kotor atau tidak berkualitas dapat berdampak buruk pada motor matic Anda, bensin kotor dapat menyumbat filter bensin dan mengganggu sistem pembakaran. Akibatnya mesin menjadi tidak bertenaga, boros bahan bakar, bahkan bisa mogok.  

Untuk menghindari masalah ini selalu gunakan bensin yang berkualitas dari SPBU terpercaya, pilihlah oktan bensin yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan motor Anda. Penggunaan oktan yang lebih tinggi dari rekomendasi tidak akan meningkatkan performa mesin, justru malah bisa membuat pembakaran tidak sempurna.

4. Periksa Kondisi Vanbelt dan Roller

Vanbelt dan roller merupakan komponen penting dalam sistem transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) pada motor matic. Vanbelt berfungsi meneruskan tenaga dari mesin ke CVT, sedangkan roller membantu menjaga perpindahan gigi yang halus.

BACA JUGA:5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Motor Matic

BACA JUGA:4 Motor Matic yang Cocok Buat Bersantai, Dijamin Nyaman dan Menyenangkan

Pastikan vanbelt dan roller dalam kondisi baik dan tidak retak atau aus. Jika vanbelt dan roller sudah mulai rusak, sebaiknya segera diganti untuk mencegah kerusakan pada komponen CVT lainnya.

5. Bersihkan Filter Udara

Filter udara berfungsi menyaring debu dan kotoran, yang terhisap dari luar sebelum masuk ke ruang bakar mesin. Filter udara kotor dan tersumbat dapat menghambat aliran udara bersih ke mesin, sehingga proses pembakaran menjadi tidak sempurna.

Akibatnya mesin menjadi kurang bertenaga dan konsumsi bahan bakar bisa meningkat. Oleh karena itu bersihkan filter udara secara berkala. Biasanya pembersihan filter udara dilakukan setiap 4.000-8.000 km, tergantung dari kondisi lingkungan tempat Anda berkendara.

6. Periksa Rem Secara Rutin

Rem merupakan komponen vital yang menjamin keselamatan Anda saat berkendara, sehingga jangan abaikan kondisi rem motor matic Anda. Periksa kondisi kampas rem, minyak rem, dan hose rem secara rutin.

BACA JUGA:5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Motor Matic

BACA JUGA:4 Motor Matic yang Cocok Buat Bersantai, Dijamin Nyaman dan Menyenangkan

Kampas rem yang sudah tipis harus segera diganti, untuk memastikan daya cengkram yang optimal. Minyak rem juga perlu diganti secara berkala biasanya setiap 2 tahun sekali, atau saat warnanya sudah berubah menjadi hitam pekat.

Minyak rem yang kotor dapat menurunkan daya cengkram rem, sehingga berisiko membuat rem menjadi tidak berfungsi dengan baik.

7. Lakukan Servis Berkala

Membawa motor matic Anda ke bengkel resmi atau bengkel terpercaya, untuk service berkala adalah langkah penting dalam perawatan motor. Servis berkala tidak hanya sekedar ganti oli tetapi juga meliputi meliputi pemeriksaan, dan pembersihan seluruh komponen motor matic Anda.  

Para mekanik akan memeriksa kondisi mesin CVT (Continuously Variable Transmission), sistem kelistrikan, rangka, dan komponen lainnya. Mereka juga akan membersihkan komponen yang dibutuhkan, seperti filter udara, busi, dan karburator (untuk motor matic non-injeksi).

BACA JUGA:Ingin Touring Aman dan Nyaman? Inilah 4 Rekomendasi Motor Matic Terbaik untuk Touring

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: