Motor Matic Mendadak Berat Saat Didorong? Coba Cek Bagian Ini

Motor Matic Mendadak Berat Saat Didorong? Coba Cek Bagian Ini

Inilah penyebab mengapa sepeda motor matic mendadak berat saat didorong yang ternyata sepele namun fatal.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pernahkah Anda merasakan motor matic mendadak berat saat didorong? Ternyata penyebabnya cukup sepele. Di mana penyebabnya adalah pegas kampas rem sepeda motor matic yang kendor.

Apalagi bagi sepeda motor matic yang masih menggunakan rem tromol. rem tromol masih umum digunakan pada roda belakang sepeda motor matic, dan sangat jarang dilakukan pemeriksaan atau servis pada area ini. 

Mungkin terlihat sepele, namun jika kampas rem tromol Anda tidak responsif atau lemah, bisa saja sepeda motor matic Anda mengerem sendiri. Misalnya, ketika rem tromol dilepas, bantalannya terus ditekan. 

Hal ini dapat membuat sepeda motor matic terasa cukup berat saat dikendarai, atau terasa seperti tenaga mesin terhambat saat sepeda motor matic dijalankan.

BACA JUGA:Mau Mudik atau Touring? Inilah Motor Matic yang Cocok untuk Perjalanan Jauh

BACA JUGA:Yuk Ketahui! Inilah Cara Kerja Emergency Stop Signal yang Ada Pada Motor Matic

Pemilik sepeda motor matic sebenarnya bisa mengatasi sendiri masalah ini dengan menekan dan melepaskan tuas rem beberapa kali. 

Namun hal ini membuat rem lebih rentan terhadap kerusakan dan justru dapat menyebabkan rem terkunci. Pemilik sepeda motor matic disarankan untuk membawa sepeda motor maticnya ke bengkel untuk dibongkar, dan dilakukan pengecekan pegas. Bila terdapat permasalahan yang cukup dapat diganti dengan yang baru.

Anda juga dapat memeriksa apakah kanvasnya tipis. Pegas yang lamban biasanya disebabkan oleh kondisi bantalan yang tidak terkendali dan buruk. 

Jika sepeda motor matic Anda tiba-tiba menjadi lebih berat saat Anda mendorongnya, mungkin inilah penyebab masalah kecil ini.

BACA JUGA:6 Penyebab Utama Daya Aki Motor Matic Menurun yang Jarang Diketahui

BACA JUGA:Perempuan Wajib Tahu! Inilah Motor Matic Stylish untuk Perempuan

Jika Anda mengendarai sepeda motor matic dan tiba-tiba sepeda Anda terasa berat saat Anda mendorongnya, coba bongkar area sekitar roda belakang. 

Apalagi jika sepeda motor matic Anda masih memiliki rem tromol. Rem tromol masih sangat umum ditemukan pada roda belakang sepeda motor matic, namun sangat jarang ditemukan di wilayah ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: