Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di Cilacap

Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di Cilacap

Wilayah kota Cilacap diguyur hujan.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat Kabupaten CILACAP untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang masih berpotensi terjadi dalam beberapa hari ke depan.

"Cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi terjadi di Cilacap," kata Kepala Teknisi BMKG Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo.

Dikatakan, pada dinamika atmosfer saat ini, terdapat MJO diwilayah Indonesia yang aktif. Kemudian aktifnya Gelombang Rossby di Indonesia termasuk wilayah Jawa Tengah. 

"Lailitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal diamati di Jawa Tengah memicu peningkatan potensi cuaca ekstrem di Cilacap," katanya.

BACA JUGA:Viral Video Sepasang Muda Mudi Bermesraan di Taman Kota Majenang

BACA JUGA:Pasar Kroya Cilacap Akan Kembali Dibangun

Menurutnya, potensi cuaca ekstrem tersebut berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan disertai petir atau kilat dan angin kencang. 

Dalam hal ini, masyarakat juga diminta untuk menjaga dan menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan. 

"Waspada bencana meteorologi berupa banjir bandang, longsor, puting beliung, hujan es, pohon tumbang dan sambaran petir terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana. Karena saat musim hujan, juga harus mewaspadai merebaknya beragam penyakit menular," kata dia. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: