GAMPANG! Begini Cara Merawat Dinamo Motor Listrik di Musim Hujan

GAMPANG! Begini Cara Merawat Dinamo Motor Listrik di Musim Hujan

Merawat dinamo motor listrik di musim hujan -Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Merawat dinamo motor listrik di musim hujan sebenarnya tidaklah sulit. Namun, masih ada sebagian pengguna motor listrik yang belum mengetahuinya. 

Ketidaktahuan ini sering kali berujung pada kerusakan yang tidak hanya mengganggu kinerja motor tetapi juga menguras kantong. Untuk menghindari hal tersebut, sangat penting bagi pemilik motor listrik untuk memahami beberapa langkah perawatan dasar yang dapat melindungi dinamo dan komponen lainnya selama musim hujan. 

Berikut cara-cara yang bisa diaplikasikan untuk menjaga agar motor listrik Anda tetap beroperasi secara optimal, bahkan ketika cuaca menantang.

GAMPANG! Begini Cara Merawat Dinamo Motor Listrik di Musim Hujan

Berikut ini adalah panduan lengkap untuk merawat dinamo motor listrik selama musim hujan, yang dirancang agar mudah dipahami dan diikuti.

BACA JUGA:Perhatikan! Inilah yang Perlu Dilakukan Saat Motor Listrik Terkena Hujan

BACA JUGA:Penyebab Motor Listrik Ngadat saat Musim Hujan dan Cara Mengatasinya

1. Hindari Mengendarai Motor Listrik Melalui Genangan Air Besar

Mengendarai motor listrik melalui genangan air atau banjir adalah risiko utama yang harus dihindari. Air yang masuk ke dalam dinamo dapat menyebabkan korosi dan kerusakan pada bearing dan komponen internal lainnya. 

Jika Anda terpaksa melintasi jalan yang tergenang, pilihlah jalur dengan genangan paling dangkal dan melintaslah dengan perlahan. Hal ini dilakukan agar jumlah air yang bisa masuk ke dalam komponen motor, khususnya dinamo, bisa diminimalisir. 

Berjalan pelan juga membantu Anda lebih mudah melihat dan menghindari benda-benda tersembunyi di bawah air yang bisa menyebabkan kerusakan atau kecelakaan.

2. Periksa dan Lindungi Seal As Roda

Seal pada as roda motor listrik berfungsi sebagai penghalang yang mencegah air masuk ke dalam dinamo. Pastikan seal ini dalam kondisi baik dan tidak ada retakan atau kebocoran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: