GAMPANG! Begini Cara Merawat Dinamo Motor Listrik di Musim Hujan

GAMPANG! Begini Cara Merawat Dinamo Motor Listrik di Musim Hujan

Merawat dinamo motor listrik di musim hujan -Freepik-

7. Olesi dengan Pelumas yang Tepat

Mengolesi bagian dalam dinamo dengan pelumas khusus untuk kondisi basah dapat membantu melindungi komponen dari karat dan korosi. Pastikan Anda menggunakan produk yang direkomendasikan oleh produsen motor atau yang sesuai untuk penggunaan pada motor listrik.

BACA JUGA:AYO CEK! Inilah 5 Penyebab Utama Dinamo Motor Listrik Menjadi Aus yang Jarang Diketahui

BACA JUGA:Lakukan 4 Cara Ini Untuk Mengatasi Dinamo Motor Listrik yang Aus, Dijamin MULUS Seperti BARU Beli

8. Pertimbangkan Penggunaan Cover Motor

Jika Anda parkir di luar ruangan, menggunakan cover motor yang tahan air bisa menjadi ide yang baik. Ini akan melindungi motor listrik Anda dari hujan, serta debu dan kotoran lainnya yang dapat merusak dinamo dan komponen elektrik.

9. Awasi Suhu Motor

Ketika dinamo terus menerus terpapar air dingin dari hujan, suhu kerjanya bisa menjadi tidak stabil. Monitor suhu dinamo dengan sistem indikator bila tersedia, atau perhatikan adanya perubahan performa yang bisa menandakan masalah suhu.

10. Siapkan Kit Darurat

Memiliki kit perawatan darurat untuk motor listrik Anda, termasuk alat-alat sederhana, pelumas, dan pelindung dinamo, bisa sangat membantu, terutama jika Anda sering berkendara jarak jauh. 

Dengan mempraktikkan cara merawat dinamo motor listrik di musim hujan ini, Anda tidak hanya akan memperpanjang umur dinamo motor listrik Anda tetapi juga meningkatkan keandalan motor selama musim hujan. Ingat, sedikit perawatan preventif dapat menghemat banyak biaya perbaikan di masa depan.(amp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: