Penanganan Bencana Longsor di Desa Kaliori Terkendala Batu Besar yang Menghalangi Jalan

Penanganan Bencana Longsor di Desa Kaliori Terkendala Batu Besar yang Menghalangi Jalan

Pembersihan material longsor di jalan penghubung Dusun 1 dan Dusun 5.-BPBD UNTUK RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Penanganan paska bencana tanah longsor di Dusun 1 Sawangan, RT 2 RW 1 Desa Kaliori, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten PURBALINGGA, masih belum tuntas.

Terutama di titik longsor kedua di akses jalan penghubung Dusun 1 ke Dusun 5 sepanjang 100 meter tertimbun matrial longsor.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga Prayitno mengatakan, di titik tersebut, yakni ruas jalan Kabupaten Kaliori - Grugak terputus.

"Ruas jalan tertutup material longsor dengan ketinggian bervariasi mulai dari dua meter hingga 20 meter," katanya kepada Radarmas, Kamis, 18 April 2024.

BACA JUGA:Curi Kotak Amal Masjid, Pria Bertato Asal Banyumas Ditangkap Warga di Desa Klapasawit

BACA JUGA:Langganan Banjir Luapan, Kaligondang Bakal Bersih Sungai Ranu

Dia menjelaskan, di titik longsor tersebut penanganan belum tuntas atau selesai. "Progres penanganan baru mencapai 40 persen," jelasnya.

Dia menambahkan, penanganan masih dalam proses dengan menggunakan alat berat. Penanganan terhambat, karena material longsor berupa batuan bongkahan dengan ukuran cukup besar masih menghalangi jalan.

Sedangkan penanganan longsor di titik pertama dan ketiga sudah selesai dilaksanakan. Diketahui ada tiga titik longsor akibat bencana longsor di Desa Kaliori.

"Material longsor yang masuk ke dalam rumah milik Sator sudah dibersihkan. Tinggal pembersihan material longsor di bagian belakang rumah. Serta, pembuatan talud menggunakan kandi untuk penahan tebing yang longsor," imbuhnya.

Tim juga melakukan penebangan sebanyak empat pohon kelapa, tiga pohon mahoni dan satu pohon jati yang beresiko membahayakan di sekitar rumah milik Sator.

BACA JUGA:Nihil Perusahaan yang Salurkan THR Diluar Batas Waktu

BACA JUGA:Pos Pendakian Gunung Slamet Bambangan Mengaku Kesulitan Awasi Pendaki Sampai Puncak

Diberitakan sebelumnya, bencana longsor terjadi di Desa Kaliori, Minggu, 14 April 2024, sekira Pukul 15.30 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: